Warga Desa Bincau Bersihkan Sampah di Aliran Sungai

Martapura - Warga Desa Bincau Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar melakukan gotong royong berupa pembersihan aliran sungai yang ada di desa mereka. pembersihan sungai tersebut untuk melancarkan aliran sungai dan saat ini terdapat tumpukan sampah dan eceng gunduk yang membuat permukaan sungai tersumbat.

Pembersihan sungai tersebut adalah dengan sistem Padat karya dengan melibatkan warga RT 1, 2 dan 3 desa Bincau  dengan jumlah per RT menurunkan 10 warga dengan total jumlah 30 orang. Bersih bersih tersebut dimulai dari pagi hari, Minggu (22/11).

Seperti yang disampaikan oleh Rahman Al Faris wakil ketua BPD Desa Bincau mengatakan pembersihan ini dilakukan bersama dengan masyarakat agar sungai ini tetap terjaga kebersihannya.

“Kami berharap kegiatan pembersihan sungai ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun. Sebagai BPD kami mengusulkan kepada pemerintah desa untuk melakukan penganggaran dan dilakukan pengerjaannya oleh masyarakat sendiri,” katanya.

Kegiatan ini dengan sistem padat karya dengan  pemberdayaan masyarakat melalui anggaran dana desa.

Sungai yang dibersihkan dengan panjang sekitar 1,5 kilometer dengan pelaksanaan 3 hari, dan banyak sampah dan eceng gunduk yang menyebabkan penyumbatan. (Kominfo Kab. Banjar/Ain/Syadi).