Pengelola Wisata Kabupaten Ciamis Ikuti Bimtek Pengelolaan Homestay

Ciamis - Sebanyak 38 orang perwakilan pengelola homestay di Kabupaten Ciamis mengikuti bimbingan teknis terkait manajemen pengelolaan Homestay, Selasa (22/9).

Kegiatan dengan tema "Peningkatan Daya Tarik Wisata Melalui Pengelolaan Homestay di Kabupaten Ciamis" yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis ini diikuti oleh Dinas Pariwisata beserta jajarannya, Badan Promosi Pariwisata Ciamis serta para pakar yang dari PHRI Jawa Barat dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung.

Dasar penyelenggaraan Bimtek sendiri karena meningkatnya ketertarikan warga pada kearifan lokal, sehingga destinasi wisata di Ciamis terus bertambah tiap harinya, salah satunya homestay.

Homestay sendiri cukup populer saat ini, karena menawarkan suasana menginap yang berbeda dari penginapan pada umumnya. Di homestay, wisatawan akan ditawari untuk merasakan pengalaman hidup yang khas dari penduduk lokal.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis Wasdi, mengatakan Bimtek ini diarahkan untuk menggali dan mengembangkan potensi budaya lokal menjadi aset pariwisata daerah serta menyejahterakan masyarakat.

"Ini sesuai visi misi Kabupaten Ciamis mendongkrak pendapatan daerah, pemerintah membuka peluang bagi daerah dengan berbagai kekayaan yang dimiliki dan banyaknya destinasi wisata, maka dari itu pemerintah mengadakan bimbingan teknis ini agar nantinya bisa merintis usaha di desa masing-masing," ujarnya.