Warga Binaan Lapas Karang Intan Ikuti Pelatihan Hidroponik

Martapura - Puluhan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Karang Intan mengikuti pelatihan kemandirian pertanian, Senin (21/9).

Plt Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Banjar Edy Hasbi mengaku bahagia bisa turut berpartisipasi dalam pembinaan kemandirian bagi warga binaan di Lapas Karang Intan, dengan materi dan pengalaman yang dimiliki oleh Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

"Kami merasa bahagia bisa menyumbangkan tenaga maupun pikiran, untuk memberikan pelatihan di Lapas Karang Intan. Karena materi pertanian itu sendiri sangat relevan dengan aktivitas kita di rumah tangga, dan banyak yang bisa dijadikan penghasilan," katanya.

Lebih lanjut, kegiatan yang dilakukan warga binaan merupakan kegiatan yang mulia, menyediakan pangan untuk masyarakat, juga menjadi sumber penghasilan.

"Kegiatan pertanian merupakan kegiatan yang mulia, karena kita menyediakan pangan untuk masyarakat. Ada sumber pendapatan yang bisa diperoleh dari hal-hal yang ada di sekitar kita, banyak peluang usaha, dengan catatan, asal kita mau melakukan," terangnya.

Nantinya, seluruh peserta akan diberikan materi tentang pertanian dengan metode hidroponik, pembuatan media tanaman, praktir di lapangan, perawatan hingga hasil akhir, panen hasil dan pengemasan. (Kominfo Banjar/Milna/Syadi)