Layani Masyarakat, Disdukcapil Kubu Raya Unggulkan Inovasi "Seledri"

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) terus berinovasi dalam memberikan pelayanan yang cepat, mudah dan gratis bagi masyarakat.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kubu Raya Nurmarini, Rabu (9/9), mengatakan dengan inovasi selesai dalam sehari (Seledri) terintegrasi, pihaknya memastikan masyarakat bisa langsung mendapatkan tiga dokumen sekaligus dalam satu hari.

"Inovasi ini titik tekannya kepada ibu yang melahirkan di fasilitas-fasilitas kesehatan, baik itu di Puskesmas maupun di rumah sakit," kata Nurmarin.

Nurmarini menjelaskan ketika seorang ibu melahirkan di fasilitas-fasilitas kesehatan dan si calon anak sudah memiliki nama dan syarat serta ketentuannya sudah lengkap dan benar, maka kita akan memberikan tiga dokumen kependudukan sekaligus diantaranya Akte Kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) dan nama si anak secara otomatis sudah terdata di kartu keluarga (KK) nya.

"Kita berharap dengan adanya inovasi Seledri ini akan mempercepat proses penerbitan dokumen kependudukan, sehingga orang tua tidak perlu lagi datang ke dinas untuk mengantri untuk mendapatkan dokumen itu dan semua prosesnya tidak dipungut biaya sepersenpun atau gratis," ucapnya.

Dijelaskan, tentunya dengan inovasi pelayanan publik yang dilakukan pihaknya ini, maka ketika seorang ibu sudah keluar dari fasilitas kesehatan, maka ibu tersebut sudah bisa mendapatkan tiga dokumen itu sekaligus secara gratis.

"Inilah tujuan kita dalam mengalakan program seledri terintergrasi ini," ujarnya.