Bupati Kubu Raya Jadi Narasumber Sinergi Kepung Bakul dan KKM Untan

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menjadi narasumber pada kegiatan Bincang Santai Sinergi Kepung Bakul dan KKM yang digelar secara daring oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura tahun 2020 di Ruang rapat Bupati, Jumat (28/9).

Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tanjungpura Afghani Jayuska, dalam sambutannya Afghani Jayuska mengatakan dengan adanya kehadiran perguruan tinggi lewat KKM ke desa-desa akan memberikan warna tersendiri, seperti ada ide-ide yang bisa disinergikan dengan desa kita bisa kerjasamakan sebagai contoh Mahasiswa yang melaksanakan KKM mempunyai program bina desa, dan beberapa waktu yang lalu akhir tahun 2019 dari BEM Fakultas MIPA bekerjasama membentuk Desa Wisata di sekitaran Gunung Bawang Kecamatan Kubu.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi kegiatan KKM sebagai upaya pengabdian kepada masyarakat yang mana akan fokus berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat dan percepatan pembangunan di desa-desa dengan memaksimalkan keilmuan dan potensi yang ada. Kemudian Bupati Muda memaparkan tentang Program Kepong Bakol, dia mengatakan kepong bakol ini pemahamannya adalah bahwa untuk merubah pola pandang dan cara pikir masyarakat maupun semua pihak kita semua perlu bergerak secara masif, serentak, membumi dan fokus.

Jika tidak, maka parsial-parsial itu akan membuat segala sesuatu berjalan biasa, sehingga pada akhirnya tidak ada perkembangan yang berarti, tidak ada inovasi dan terobosan-terobosan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kubu Raya sangat fokus memperkuat desa-desa termasuk bagaimana mengejar kemandirian desa dengan langkah-langkah yang sifatnya kita sama-sama mengepung sama-sama menyerang dengan serangan program untuk mengentaskan ketertinggalan/keterbelakangan di segala sektor, salahsatunya miskin informasi/ketertinggalan informasi. Contoh kepong bakol yang telah pemerintah Kubu Raya lakukan adalah program USG Portable Gratis di seluruh Puskesmas di semua kecamatan di Kubu Raya.