Pemkab Banjar Siap Antisipasi Karhutla

Martapura - Dandim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto mengatakan Karhutla akan menjadi permasalahan kembali di setiap daerah tidak terkecuali di wilayah Kabupaten Banjar dan Kota Banjarbaru.

" Memasuki musim kemarau Pemkab Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  bersama TNI sudah berkoordinasi dan komponen lainnya mendirikan posko siaga Karhutla," katanya Rabu (12/8).

Dijelaskan dari Kodim 1006 Martapura sudah memberikan saran dan masukan kepada kepala BPBD Banjar agar seyogyanya mendirikan Posko karhutla dengan tujuan dapat memfasilitasi situasi jika terjadi Karhutla yang mendadak.

Sementara itu Pasi Ops Kodim Martapura Kapten Inf Mujiono mengungkapkan sudah berkoordinasi  dengan institusi terkait bahkan sudah memetakan lokasi yang ada.

"Tahun kemarin dan tahun ini memang beda, namun sejumlah Satgas terpadu Karhutla sudah siap dalam antisipasi terjadinya karhutla di Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Ia menjelaskan beberapa personel dan institusi terkait telah siaga terhadap Karhutla yang rawan terjadi di musim kemarau di tahun ini.

“Selain sudah siap petugas di lapangan, perlengkapan dan alat operasional juga sudah siap bergerak menangani dan antisipasi Karhutla,” tegasnya. (Kominfo Banjar/Stanislaus Sene/Syadi)