Bupati Ciamis Resmikan Plaza Dekopinda dan Aplikasi Belanjamu.id

Ciamis - Di era digitalisasi industri, koperasi harus mampu meningkatkan inovasi dalam pelayanan dan aktivitasnya. Salah satunya dengan beralih ke layanan digital.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat memberikan sambutan pada Syukuran Hari Koperasi ke-73 sekaligus meresmikan Plaza Dekopinda dan Aplikasi belanjamu.id di Aula Dekopinda Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (8/8).

Dikatakan Bupati Herdiat, kita tidak boleh kalah dengan perusahaan lainnya, oleh karena itu potensi koperasi yang memiliki berbagai usaha dari anggotanya harus dioptimalkan.

Herdiat menjelaskan, pengurus koperasi beserta anggota harus memiliki inovasi untuk merambah wilayah lainnya seperti pelayanan, perdagangan dan perindustrian.

Sementara itu, Ketua Dekopinda Kabupaten Ciamis Maman Hidayat menjelaskan bahwa koperasi sekarang harus mulai beranjak ke wilayah digitalisasi berbasis aplikasi dalam pelayanan. Dekopinda Ciamis telah melaksanakan instruksi tersebut dengan menghadirkan aplikasi belanjamu.id dan inovasi pusat usaha anggota koperasi di Plaza Dekopinda Ciamis.

Dijelaskan Maman, Plaza Dekopinda Ciamis menampung hasil-hasil produksi dari anggota koperasi dan UMKM setempat.

"Untuk pemasarannya dibuatkan aplikasi dengan nama aplikasi Belanjaku.id. Aplikasi ini fungsinya sama seperti marketplace dan telah terhubung dengan 400 sekolah di Jawa Barat, terutama kantin," ujar Maman.