Dekatkan Aduan Dalam Genggaman, Dinkes Batang Luncurkan KONLAPORBAE

Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Layanan konsultasi dan layanan pengaduan yang belum terpadu dan upaya meningkatkan kecepatan pelayanan menjadi motivasi utama meluncurkan website Layanan Konsultasi dan Layanan Pengaduan Online Responsif Berbasis Elektronik (KONLAPORBAE).

Portal tersebut dapat diakses melalui gawai dan secara cepat direspons oleh tim yang melakukan pemantauan tiap 8 jam sekali, untuk segera ditindaklanjuti ke bidang atau layanan yang diadukan.

Sekretaris Dinkes Batang,Ida Susilaksmi menyampaikan, selama ini aduan layanan dari masyarakat disampaikan melalui beberapa platform digital, justru memperlambat respons petugas dalam menanggapi tiap aduan.

“Kalau melihatnya saja terlambat, otomatis tindaklanjutnya pun lambat. Lewat website KONLAPORBAE yang memadukan dua layanan sekaligus, bisa mengefektifkan pelayanan,” katanya, saat ditemui, di ruang kerjanya, Kamis (14/9).

Ia mengatakan, masyarakat dapat memantau langsung sampai sejauh mana kecepatan respons petugas terhadap aduan maupun konsultasi yang disampaikan, hingga menindaklanjuti sampai tuntas.

“Keluhan warga selama ini seputar layanan di Puskesmas maupun Dinas Kesehatan. Dalam kurun waktu setahun, Dinkes Batang mendapatkan lebih dari 50 aduan,” terangnya.

Ia juga menegaskan, jangan memandang negatif sebuah aduan, justru itu merupakan wujud perhatian masyarakat demi peningkatan kualitas layanan kesehatan di Dinas Kesehatan dan 21 Puskesmas se-Kabupaten Batang.

Sejauh ini, ujarnya, Puskesmas menanggapi positif dari sosialisasi tentang website tersebut.

“Mereka tidak terbebani karena sejalan dengan era layanan yang serba digital,” pungkasnya.