Kemenkominfo Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Progul

Sentani – Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap II Penyusunan Masterplan Kota Cerdas (Smart City) dan Quick Win Program Unggulan Kabupaten Jayapura untuk mempercepat proses pembangunan yang akan kita lakukan dalam jangka pendek tahun 2024, menengah dan jangka panjang.

Hal itu dikatakan Staf Ahli Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Acuviarta Kartabi di Sentani, Senin (7/8).

"Pada 2024 kita akan memasuki tahun politik dan kita harus fokus pada program-program yang berkualitas sesuai dengan arahan Penjabat (Pj) Bupati Jayapura Triwarno Purnomo untuk memilih program-program yang berkualitas, punya daya ungkit ekonomi,” ungkapnya.

Adapun elemen pembangunan smart city, jelasnya, aitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment.

"Pertama, pilar lingkungan yang bapak Pj bupati sudah sampaikan bagaimana kita harus merawat. Kedua, pilar society masyarakatnya bagaimana kehidupan masyarakat harus bersih, sehat dan aman, ketiga, pilar ekonomi, keempat, ada pilar governance tata kelola pemerintahan, yang terus kita akan perbaiki dan termasuk juga yang sudah disampaikan terkait SPBE, dan pilar kelima itu berkaitan dengan kehidupan masyarakat atau smart living," pungkasnya.