Wisata Bercerita Anak Meriahkan HUT ke-16 Kubu Raya

Kubu Raya - Rangkaian semarak HUT Kabupaten Kubu Raya ke-16 tahun 2023 dimeriahkan dengan wisata bercerita anak yang ditampilkan juara terbaik pertama, kedua dan ketiga dalam lomba bercerita yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Diperpusip) Kubu Raya beberapa waktu lalu.

"Melalui Wisata Bercerita ini, kita yakin jika anak-anak Kubu Raya akan lebih cepat tumbuh dan siap menghadapi berbagai tantangan kedepannya dengan berbagai inovasi dan ide-ide yang disampaikan melalui wisata bercerita," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka festival Wisata Bercerita Anak di halaman kantor bupati, Rabu (19/7) pagi.

Muda menuturkan, dengan wisata bercerita ini, maka anak-anak Kubu Raya tidak hanya pandai membaca, namun juga mengerti dan memahami apa yang disampaikan, bagaimana cara melakukannya, apa tujuannya dan bisa menggerakkan yang lainnya.

"Semua itu merupakan efek literasi yang kita lakukan dengan wisata bercerita ini. Kita yakin dengan cara ini juga, akan memberikan dampak bagi anak-anak Kubu Raya untuk lebih membahagiakan," ucap Muda.

Bupati Muda juga mengajak anak-anak Kubu Raya untuk bisa membanjiri cerita-cerita unggul dan mendunia yang ada di kampung masing-masing. Diharapkan dengan even ini juga bisa menjadikan anak-anak Kubu Raya sebagai generasi mendunia.

"Saat ini kita sudah hidup di era digital, sehingga anak-anak di penjuru kampung akan bisa terhubung langsung dan ini akan membuat anak-anak Kubu Raya bisa menjadikan dirinya sebagai sesuatu yang memberikan kontribusi bagi daerah dan republik ini," ujarnya.

Sementara, Kepala Diperpusip Kubu Raya Rudy Fitryanto mengatakan, wisata bercerita anak ini diikuti 50 SD yang ada di Kubu Raya, lomba wisata bercerita anak ini merupakan program lanjutan dari Gerakan Edukasi Inklusi Sosial bersama perpustakaan Kabupaten Kubu Raya (GEIS Baperkuy).

“Adapan penampilan yang ditunjukan ini merupakan anak-anak yang memiliki talenta untuk mengungkapkan aktualisasi dirinya dalam menceritakan berbagai aspek kehidupan anak-anak, seperti bercerita tentang legenda, menceritakan bagaimana mereka bermain dengan teman-temannya,” ucap Rudy.

Rudy menjelaskan, even ini diberi nama wisata bercerita karena wisata merupakan instrumen menuju kebahagiaan. Dengan berwisata bercerita, Kubu Raya akan mempersiapkan anak-anak yang progresif, anak Kubu Raya yang adaptif, berkarakter unggul dan positif dalam bercerita.

"Dengan mempersiapkan anak-anak Kubu Raya yang progresif dsb berkarakter unggul, maka Kubu Raya sudah siap untuk menuju Indonesia emas tahun 2045," pungkasnya.