Masyarakat Antusias Ikuti Program Bank Sampah “Pelita” Denpasar

Denpasar – Bank Sampah Pelita, Kelurahan Dangin Puri, Kota Denpasar, rutin menggelar pengumpulan sampah. Adapun sampah yang dikumpulkan rata-rata mencapai setengah ton setiap pekannya.

Kegiatan ini merupakan tindakan nyata pemilahan sampah berbasis sumber untuk mengurangi tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), serta dapat digunakan sebagai tambahan penghasilan masyarakat.

Antusiasme warga Kelurahan Dangin Puri sendiri cukup tinggi dalam mengikuti program Bank Sampah ini, terlihat saat puluhan warga membawa berbagai jenis sampah seperti kardus bekas, kertas, kaleng hingga botol bekas yang hendak ditukarkan pada Jumat (7/7).

"Walaupun sedang hujan seperti saat ini, Bank Sampah tetap kami buka. Ini kami lakukan agar dapat meminimalisir sampah terbuang yang dapat menyebabkan  sampah berserakan. Untuk warga yang baru mendaftar di Bank Sampah Pelita kita berikan suvenir berupa tas ramah lingkungan untuk meningkatkan partisipasi serta lebih giat dalam menabung di Bank Sampah Pelita," kata Lurah Dangin Puri I Gusti Agung Gede Okariawan.

Dirinya berharap dengan dibukanya Bank Sampah Pelita ini dapat meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk memilah sampah berbasis sumber, sehingga sampah yang terbuang ke TPA akan jauh berkurang, serta lingkungan menjadi lebih bersih dan masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan.