Plt Ketua TP PKK Muara Enim Launching Batik Ambinan Tinggi

Muara Enim - Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-51, Plt Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Muara Enim Nurul Vita Utami Kaffah melakukan launching Batik Ambinan Tinggi khas Kabupaten Muara Enim di Balai Agung Serasan Sekundang, Selasa (2/5).

Batik Ambinan Tinggi merupakan motif khas yang mengangkat tradisi kearifan lokal tersebut diambil dari adat menjelang pernikahan masyarakat di Semende yakni tradisi Ambinan Tinggi dari tradisi Tunggu Tubang.

Pengambilan motif ambinan tinggi tersebut merupakan ide dari Plt Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim mulai dari ide awal, desain hingga pemilihan warna motif.

Dalam kesempatan tersebut, Vita mengatakan bahwa motif Batik Ambinan Tinggi menggambarkan adat budaya di Kabupaten Muara Enim yaitu adat menjelang pernikahan masyarakat di Semende.

“Adat budaya itu digambarkan menjadi suatu motif batik sebagai upaya dalam melestarikan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Muara Enim.” terangnya.

“Selain melestarikan budaya, pembuatan batik motif Ambinan Tinggi ini diharapkan pula dapat memajukan perekonomian keluarga melalui UMKM binaan TP PKK Kabupaten Muara Enim.” Pungkasnya

Selain dilakukan launching motif batik khas Muara Enim Ambinan Tinggi, diselenggarakan pula fashion show yang menunjukan berbagai motif batik lokal khususnya mengenalkan motif batik ambinan tinggi tersebut oleh Gadis Serasan 2022.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, para ketua organisasi wanita, para kepala perangkat daerah, dan pengurus TP PKK.