Bupati Bondowoso Audiensi dengan PTPN XII Kembangkan Wisata Ijen

Bondowoso - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso melakukan audiensi bersama dewan direksi PTPN XII dan Manager Kalisat serta Blawan untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah Ijen.

"Perlu kiranya untuk meningkatkan kerjasama dengan berbagai lini di Kabupaten Bondowoso. Karena sejatinya, selama ini Pemkab sudah berupaya dalam pembangunan akses ke tempat-tempat wisata seperti pembangunan infrastruktur baik tahun sebelumnya maupun tahun mendatang," ungkap Bupati Bondowoso Salwa Arifin di Pendopo, Senin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bondowoso, Harry Patriantono menyampaikan bahwa potensi wisata di Kecamatan Ijen menjadi salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSDP) yang akan dikembangkan di tahun 2020.

"Selama ini, di kawasan tersebut sudah ada MoU baik dengan BKSDA maupun Perhutani. Dengan dilakukan audiensi ini, diharapkan juga agar PTPN XII juga menyambut dan mulai bergerak untuk pengembangan pariwisata di sana. Sebelumnya, kita kan sudah dengan memberikan pancingan beberapa even yang digelar di sana," ucapnya.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan, setelah dilakukan audiensi ini, PTPN XII sanggup membenahi pola koordinasi. Baik dari segi SDM hingga sarana prasarana disana. Bahkan, menurutnya, PTPN XII siap untuk menyambut agenda-agenda wisata Pemkab Bondowoso.

"Pak Bupati menekankan kembali untuk saling menguntungkan dan mengutamakan kesejahteraan kepada masayrakat sebagai "multiplier effect"," pungkasnya.(kominfo Bondowoso)