Posko COVID-19 di Pasar Inpres Muara Enim Diresmikan

Muara Enim - Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim Hasanudin mewakili Plt Bupati Muara Enim Juarsah meresmikan Posko Pengendalian dan Pencegahan COVID-19 di Pasar Inpres, Kelurahan Pasar II , Kecamatan Muara Enim, Rabu (15/7).

Hasanudin mengatakan, posko ini di bentuk untuk lebih mengintensifkan sosialisasi protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19 karena saat ini angka penyebarannya di Kabupaten Muara Enim masih menunjukkan tren peningkatan.

"Hingga Selasa (14/7), tercatat pasien yang positif COVID-19 berjumlah 102 orang dengan 3 orang yang meninggal dunia dan masih mungkin untuk meningkat sebab sampel swab yang dikirim masih cukup banyak. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan," ujarnya.

Hasanudin mengatakan, Pasar Inpres Muara Enim dipilih sebagai lokasi posko karena merupakan pusat keramaian yang sangat berpotensi menjadi daerah penyebaran COVID-19 di Kecamatan Muara Enim yang menjadi zona merah bersama Kecamatan Lawang Kidul.

"Salah satu penyebab masih tingginya angka penularan COVID-19 disebabkan oleh masih rendahnya kepedulian masyarakat tentang pentingnya protokol kesehatan terutama protokol 3M (menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak), serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Dirinya menambahkan, pembentukan posko ini merupakan tindak lanjut dari rapat Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Muara Enim dan akan beroperasi selama dibutuhkan.

Hasanudin berharap, posko ini bisa menjadi pusat kendali penyebaran COVID-19 di Kecamatan Muara Enim terutama di lingkungan pasar. Para petugas yang terdiri dari unsur TNI-Polri, BPBD, Satpol PP dan OPD terkait diberikan tugas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama para pedagang tentang protokol kesehatan.

“Kita harapkan agar para petugas dapat mengimbau kepada masyarakat bila perlu diberikan sedikit penekanan tentang protokol kesehatan, namun jangan juga terlalu keras seperti yang kita lihat di India,” seloroh Hasanudin.

Sementara itu, Dandim 0404/Muara Enim melalui Kasdim Mayor (Inf) Sugeng meminta agar para petugas yang siaga di posko untuk menjadwalkan keliling di pasar terutama saat kondisi ramai untuk mengimbau masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Turut hadir dalam acara peresmian ini Kasdim 0404/Muara Enim Mayor (Inf) Sugeng, perwakilan Polres Muara Enim Iptu Yeri, kadinkes, kepala BPBD, Dinas Kominfo, dan jajaran Satpol PP.