BNNK Ciamis Berantas Penyalahgunaan Narkotika dengan Sinergi Lintas Sektoral

Ciamis - Tingginya tingkat prevalensi penyalahgunaan narkotika di Jawa Barat yang termasuk dalam 10 tertinggi di Indonesia, mendorong BNN untuk meningkatkan kolaborasi.

Menindaklanjuti hal tersebut, BNN Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan asistensi dalam rangka penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba di lingkungan instansi pemerintah wilayah Kabupaten Ciamis, di The Priangan Boutique Hotel Sindangrasa, Selasa (14/7).

Kepala BNNK Ciamis Engkos Kosidin, dalam kegiatan Bimtek P4GN bagi penggiat anti narkoba di lingkungan pemerintah Kabupaten Ciamis, menyampaikan bahwa tanggung jawab terhadap penanganan permasalahan narkotika bukanlah tanggung jawab BNN semata. Oleh sebab itu, di hadapan para Perangkat Desa, Babinsa, Bhabinkamtibnas, serta perwakilan dari Puskesmas, ia mengajak semuanya untuk saling bekerjasama dalam P4GN, khususnya pencegahan di lingkungannya masing-masing.

Menurutnya, kejahatan narkotika adalah kejahatan multi dimensi, karena bisa meruntuhkan suatu negara, sekuat apapun negara maju, sekuat apapun militer suatu negara maka akan bisa hancur bila penyalahgunaan narkotika tidak diberantas. Inilah yang menggambarkan betapa narkotika ini sudah menjadi ancaman global.

Sementara itu, Asisten Ekbangkesra Setda Kabupaten Ciamis Toto Marwoto mengatakan, sudah banyak berbagai tipu daya penyebaran narkoba, di antaranya dalam bentuk makanan seperti permen dan lainnya. Oleh sebab itu rencana aksi ini sangat perlu terus dievaluasi sehingga generasi penerus bangsa dapat terselamatkan

“Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan sosialisasi, maupun kampanye. Penyampaian kepada masyarakat pun dapat dilakukan baik dengan komunikasi massa maupun interpersonal,” ujar Engkos

Dia menabahkan, sasaran dari kegiatan pencegahan yakni harus dapat memberikan pemahaman serta kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkotika.

"Setelah adanya pemahaman dan kesadaran maka diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan menghindari keluarganya dari kejahatan narkoba," tambahnya

Engkos mengatakan, sebagai salah satu upaya BNNK Ciamis dalam membuat Ciamis Bersih Narkoba juga sudah membentuk Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba), dan tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada Sekolah Bersinar, Lapas Bersinar dan yang lain sebagainya.

Engkos berharap semua yang hadir agar memiliki kesamaan pemahaman, kesepakatan, dan komitmen dalam upaya P4GN.

"Dengan demikian para penggiat P4GN akan mampu menyampaikan kembali apa yang diketahui dan dipahami di instansi dan lingkungannya masing-masing," tandasnya.