Pemkab Cirebon Kerjasama Penguatan Internet Desa dengan Telkom

Cirebon - Dalam mewujudkan Kabupaten Cirebon menuju Kota Pintar (Smart City), Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, melakukan pertemuan dengan PT Telkom untuk membahas kerjasama penguatan jaringan internet di 412 desa, di Pendopo Bupati Cirebon, Senin (13/7).

Bupati Cirebon Imron didampingi asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Cirebon dan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika memastikan 412 desa tersebut akan terpasang jaringan internet.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Cirebon Hilmi Riva'i mengatakan, diharapkan penguatan jaringan internet di 412 desa diharapkan bisa dilakukan pada September mendatang.

Hilmi mengatakan, menurut rencana pemasangan akan diawali di Desa Sindangjawa, Kecamatan Dukupuntang mengingat daerah tersebut berdasarkan penerimaan sinyalnya cukup kuat.

"Sebagai percontohan kami sarankan di wilayah Kecamatan Dukupuntang, karena sinyal di situ cukup bagus," ujar Hilmi.

Sementara itu, Manager Marketing Regional III Bandung Heru Agung Nugrahanto menuturkan, Telkom siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Cirebon dalam hal penguatan jaringan internet di 412 desa. Selain pemasangan internet desa, dukungan jaringan juga dilakukan guna meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi dan pajak daerah.

"Kami PT Telkom siap mendukung pemasangan jaringan internet di desa-desa dalam rangka mewujudkan Kabupaten Cirebon menuju Smart City serta pengelolaan retribusi dan pajak daerah secara online," tuturnya.