Gubernur Sulteng Lepas Peserta Sogili Tolerunsi Poso 2022

Poso - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura bersama Kepala Densus 88 Irjen Pol Marthinus Hukom, dan Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang melepas peserta Sogili Tolerunsi Poso 2022.

Kegiatan yang digelar di Alun-Alun Lapangan Sintuwu Maroso Poso ini diikuti sebanyak 1.300 orang peserta yang dibagi dalam tiga kategori, yaitu 10K, 5K dan Master 5K yang berasal dari berbagai daerah kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura, saat pelepasan peserta mengatakan, dirinya sangat senang event Sogili Tolerunsi Poso 2022 yang digagas oleh Densus 88 di Poso dengan tujuan guna menjaga dan meningkatkan nilai-nilai toleransi masyarakat, serta juga untuk memasyarakatkan olahraga sebagai upaya pemerintah dalam membudayakan pola hidup sehat.

Ia menilai kegiatan ini sangat tepat dilaksanakan di Kabupaten Poso yang selama ini telah banyak melahirkan atlet-atlet berprestasi antara lain Ari Samana yang berlaga pada PON V Bandung, Nari Noveldi peraih medali Perak PON Papua, mereka yang telah mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Tengah di kancah nasional.

"Kita doakan bersama Noveldi yang akan mengikuti lomba lari di negara Turki, semoga mendapat medali emas," tambah gubernur.

Di kesempatan terpisah Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang, pemda setempat sangat mengapresiasi positif event ini, dan berterima kasih kepada kadensus 88, mantan kadensus 88, serta panitia penyelenggara Sogili Tolerunsi Poso 2022.

"Tentunya dari event ini akan banyak memberikan dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan daerah dalam mewujudkan Poso yang harmoni dan tangguh. Eveng ini juga akan mampu menepis anggapan atau stigma tentang Kabupaten Poso yang tidak damai dan menakutkan. Sebaliknya Kabupaten Poso adalah daerah yang masyarakatnya hidup dalam suasana aman, rukun dan damai dalam semangat kebhinekaan," tegasnya.

Bupati Verna mengatakan, saat ini pemda terus berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan pada sektor unggulan pertanian dan pariwisata yang memiliki banyak potensi yang tersebar di seluruh wilayah.

Ditambahkan Bupati Verna, kegiatan ini sebagai ajang promosi penyelenggaraan Festival Danau Poso (FDP) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun 2022 yang akan datang.

Panitia penyelenggara memberikan hadiah kepada juara 1 s/d 6 kategori 10K dan 5K putra dan juara 1 s/d 8 putri serta juara 1 s/d 3 kategori master 5K. Selain itu juga panitia penyelenggara menyediakan berbagai hadiah doorprize yang pengundiannya menggunakan system digital berbasis website.

Acara Sogili Tolerunsi Poso 2022 juga dimeriahkan dengan pelaksanaan senam zumba, tarian daerah, musik karambangan, band artis, pameran kebudayaan dan UMKM serta jajanan kuliner khas Poso.