Pemkab Tanah Datar Canangkan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM

Batusangkar - Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tahun 2022 tingkat Kabupaten Tanah resmi dicanangkan Bupati yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Elizar. Pencanangan yang ditandai dengan pemukulan gong tersebut juga sebagai rangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerakan PKK ke-50 di lapangan depan Kantor Camat Lintau Buo, Selasa (15

Bupati Tanah Datar yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar menyebutkan, kegiatan pencanangan dan HKG PKK tersebut merupakan rutin setiap tahun pada tingkatan yang berbeda.

Dipilihnya Kecamatan Lintau Buo sebagai lokasi pencanangan tahun 2022 ini, dikatakan Elizar, karena Dasawisma Mawar I Bukit Barisan Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo ini keluar sebagai pemenang pertama atau Juara I lomba Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 dan ketua kelompoknya Nora dinobatkan sebagai Duta Dasawisma Provinsi Sumatera Barat kategori kabupaten.

Pada kesempatan itu, bupati menyampaikan apresiasi kepada Dasawisma Mawar I yang telah menorehkan prestasi ditingkat provinsi tersebut dan sampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah kecamatan dan masyarakat Lintau Buo yang telah bersedia menjadi tuan rumah pencanangan tahun ini.

“Usai pencanangan ini rangkaian kegiatan akan kita laksanakan satu bulan penuh di semua tingkatan mulai dari kabupaten, kecamatan hingga nagari. Sehingga dengan ini akan dapat mempererat hubungan silaturrahmi antara Pemerintah Daerah, Pengurus PKK, Kader dan masyarakat yang harus terus dijaga dan dipelihara, sehingga semangat kegotong royongan terus tumbuh untuk meningkatkan kesejahteraan masyarkat melalui 10 program pokok pkk,“ ujarnya.

Sebelumnya, Ketua TPPKK Tanah Datar Lise Eka Putra, dalam sambutan Ketua Umum TPPKK Pusat Tri Tito Karnavian pada saat HKG PKK ke-50 tahun 2022 yang dibacakannya, menyebutkan melalui HKG PKK tersebut jadikan gerakan pkk sebagai gerakan masyarakat yang bertujuan untuk pemberdayaan keluarga.

“Keluarga sebagai unit terkecil dari kelompok masyarakat yang harus diberdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhan sehingga akan dapat memberdayakan masyarakat secara keseluruhan,” ucapnya.

Disampaikan Lise Eka Putra, pada peringatan HKG PKK tahun 2022 ini mengangkat tema ”50 Tahun Gerakan PKK Berbakti untuk Bangsa dan Sesama".

Lise menambahkan, momentum peringatan HKG PKK ke-50 ini menjadi titik tolak untuk memompa semangat pembaharuan dengan mengembangkan daya kreasi dan kreativitas dalam pemberdayaan keluarga dalam arti yang luas.

Terkait Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM, Lise Eka Putra mengajak Ketua TPPKK kecamatan dan nagari agar kelompok dasawisma aktif dan berinovasi, karena banyak yang bisa diperbuat untuk membantu program-program pemerintah.