Pemkot Kediri Kembali Datangkan Batman Bantu Masyarakat Isoman

Kediri - Meningkatnya kasus COVID-19 di Kota Kediri berdampak pada tingginya jumlah warga positif  yang melakukan isolasi mandiri.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) melakukan kolaborasi dengan lembaga zakat, kecamatan dan kelurahan untuk mengirimkan puluhan Bantuan Isoman (Batman) untuk warga Kota Kediri yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) dirumah.

Ferry Djatmiko selaku Plt Kepala Dinsos Kota Kediri menjelaskan tujuan diberikannya Batman adalah untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar pangan bagi warga yang sedang isoman di rumah, Selasa (15/2). Bantuan yang menyasar seluruh warga terdampak COVID-19 tersebut disalurkan oleh Pemkot Kediri melalui Dinsos, lembaga zakat serta pihak kecamatan dan kelurahan.

“Sejauh ini sudah ada 27 paket berisi masker, vitamin, hand sanitizer, super kurban, sosis, sikat dan pasta gigi, sabun cuci piring, dan sabun mandi telah disalurkan di dua belas kelurahan,” jelas Ferry. Pundi-pundi program Batman diperoleh melalui donasi masyarakat yang digalang lewat Sinergi untuk Jaring Pengaman Sosial (Si Jamal).

Si Jamal merupakan bentuk kerjasama Pemkot Kediri dengan delapan lembaga amal, antara lain Badan Amal Zakat Nasional (Baznas), Rumah Zakat, Yatim Mandiri, Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Nurul Hayat (NH), Lembaga Manajemen Infaq (LMI), Sahabat Mustahiq, dan Al Haromah. Si Jamal berfokus pada pemberian sembako kepada masyarakat Kota Kediri yang terdampak Covid dan sedang isoman, seperti pekerja informal dan masyarakat yang dikarantina. Masyarakat dapat berdonasi dengan cara transfer ke nomer rekening Bank Jatim 0062200855 A.n. Badan Amal Zakat Nasional (Baznas), Bank Mandiri 1320004819745 A.n. Yayasan Rumah Zakat Indonesia, Bank BRI 009601001969301 A.n. Yatim Mandiri, Bank BRI Syariah 1040358028 A.n. Baitul Maal Hidayatullah (BMH), Bank BCA 6750584576 Nurul Hayat (NH), Bank Syariah Mandiri 7082604191 A.n. Lembaga Manajemen Infaq (LMI), Bank Mandiri 1420077527777 A.n. Sahabat Mustahiq, dan Bank Syariah Mandiri 7731345001 A.n. Al Haromain Cabang Kota. Hasil donasi akan disalurkan oleh Si Jamal ke masyarakat atau lingkungan terdampak COVID-19 di Kota Kediri.

Rabu (9/2)Dinsos Kota Kediri, Kecamatan, Kelurahan, dengan Si Jamal telah menyalurkan dua belas Batman kepada tujuh warga Isoman, antara lain Kelurahan Kaliombo 2 paket, Kelurahan Ngampel 3 paket, Kelurahan Burengan 1 paket, Kelurahan Dandangan 1 paket, Kelurahan Ngronggo 4 paket dan Kelurahan Pocanan 1 paket.

Selanjutnya, Jumat (11/2) kembali memberikan paket Batman kepada delapan warga Isoman, terdiri dari Kelurahan Ngronggo 1 paket, Kelurahan Pojok 1 paket, Kelurahan Ngadirejo 1 paket, Kelurahan Dermo 1 paket, serta Kelurahan Burengan 2 paket.

Selasa (15/2), paket Batman kembali dibagikan kepada sejumlah masyarakat yang sedang Isoman. Terdapat tujuh penerima paket di tiga kelurahan, dengan rincian sebagai berikut: Kelurahan Dermo 1 paket, Kelurahan Kampung Dalem 1 paket, serta Kelurahan Ringinanom 5 paket.

“Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung program ini, keseluruhan ada dua puluh tujuh paket Batman yang sudah disalurkan,” ucap Ferry. Pihaknya berharap melalui program ini dapat meringankan beban warga yang menjalani Isoman dirumah sehingga segera sembuh.

“Kami memahami kondisi masyarakat pada masa-masa seperti saat ini yang mengalami kesulitan. Oleh karena itu kami berupaya membantu meringankan beban kebutuhan dasar masyarakat. Semoga pandemi ini segera berakhir,” tutup Ferry.