Dirut: Tarif PDAM Tirta Musi Paling Murah

Palembang - Hingga saat ini tarif PDAM Tirta Musi Palembang masih termurah. Meski begitu, sampai saat ini belum ada rencana untuk menaikkan tarif. Hal tersebut diungkapkan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Musi Andi Wijaya Adani.

"Belum ada wacana menaikkan tarif. Kalau mau menaikkan harus ada kajian dulu. Kita lihat dulu kondisi ditengah masyarakat saat ini," ujarnya, baru-baru ini.

Andi menambahkan, hampir 10 tahun belakangan ini tarif PDAM Tirta Musi Palembang pun tidak mengalami kenaikan.

"Tarif yang selama ini kita kenakan yakni rata-rata Rp 4000 per meter kubik. Dibandingkan daerah lain kita termasuk paling murah dan indikator ini juga yang membuat kita mendapatkan penghargaan dari Perpamsi (persatuan perusahaan air seluruh Indonesia) kategori efisiensi operasional terbaik," ungkap dia.

Selain itu, penilaian yang masuk dalam kategori ini yakni PDAM Tirta Musi dibebani biaya listrik tinggi yakni Rp5-6 miliar per bulan, namun tetap survive.

"Kesejahteraan pegawai juga tinggi tapi dilain pihak masih bisa menyumbang PAD Rp57 miliar per tahun," ungkap dia.

Ia juga menyebutkan keuntungan tahun 2021 naik tapi tidak signifikan.

Sementara itu, Staff Ahli Walikota Bidang Ekbang & Investasi Setda Kota Palembang, Letizia mengatakan pencapaian yang telah dilakukan PDAM Tirta Musi saat ini cukup baik.

"Pelayanan kepuasan masyarakat terhadap PDAM Tirta Musi juga terus meningkat," jelasnya.

"Kita berharap kinerja PDAM ini terus ditingkatkan lagi," pungkasnya.