Pemkab Kubu Raya Mulai Distribusikan Bantuan Beras dari Pemprov Kalbar

Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mulai mendistribusikan bantuan beras untuk masyarakat yang terdampak wabah COVID-19.

Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo menerima secara simbolis bantuan beras dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat tersebut di Unit Pengelola Perairan Daratan Terminal Induk Sungai Raya, Sabtu (11/4).

Dari 1.000 ton beras bantuan, sebanyak 52,980 ton langsung diserahkan ke Camat Terentang Suharto yang diteruskan kepada perwakilan kepala desa setempat.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai distribusikan bantuan beras dari provinsi. Yang pertama diperuntukkan di Kecamatan Terentang dan dalam pekan depan ini prioritas kita ke kecamatan-kecamatan yang terjauh dulu, seperti Batu Ampar, Kubu, Teluk Pakedai, dan seterusnya. Insya Allah dalam pekan depan semuanya sudah kita distribusikan," ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kubu Raya Titus Nursiwan.

Ia mengungkapkan, beras akan disalurkan ke sepuluh desa di Kecamatan Terentang dengan jumlah penerima sebanyak 2.649 rumah tangga miskin.

"Penyerahan ini untuk mengantisipasi dampak luas terhadap kelangsungan hidup kebutuhan kebutuhan dasar pangan masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu di wilayah kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Barat," terangnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sujiwo atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berterima kasih atas bantuan beras dari Pemprov Kalbar.

Dirinya berharap bantuan dapat membantu meringankan beban masyarakat.

"Harapannya mudah-mudahan apa yang sudah pemerintah lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat di tengah kesulitan akibat wabah virus corona ini," ucapnya.]

Ia mengatakan, beras bantuan pemerintah provinsi akan didistribusikan ke sembilan kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.

"Pendistribusian dilakukan secara proporsional menurut jumlah jiwa. Namun berdasarkan perhitungan diketahui masih terdapat kekurangan sebanyak 288 ton. Karena itu, dirinya berharap pemerintah provinsi memberikan kebijakan penambahan bantuan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Terentang Hilir Heri Yulianto bersyukur atas bantuan yang diterima warganya.

Menurutnya, bantuan tersebut sangat penting karena dapat membantu kehidupan warga di tengah pandemi virus corona.

Dirinya berharap warga desa dapat terus terjaga dari penyebaran virus tersebut.

"Harapan kami paling tidak bisa menolong ekonomi masyarakat yang sampai hari ini aktivitasnya dibatasi sedangkan mereka juga butuh ekonomi untuk menopang keluarganya," ucapnya.