Bupati Kubu Raya Minta Konveksi Ibu-ibu Produksi Masker Kain

Kubu Raya - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan meminta konveksi kaum perempuan, khususnya ibu-ibu di wilayah setempat untuk terus memproduksi masker kain yang nantinya akan dibeli pemerintah daerah untuk dibagikan kepada masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Bupati Muda, dalam keterangan tertulis Dinas Kominfo, Sabtu (11/4), mengatakan sejak adanya kasus positif Coronavirus Disease (Covid-19) di Kota Pontianak, Pemkab Kubu Raya langsung mengantisipasi dan bergerak cepat menginformasikan kepada konveksi-konveksi ini agar segera memproduksi masker kain.

"Alhamdulillah sejak tiga pekan terakhir konveksi-konveksi ini sudah memproduksi 21.000 masker kain. Tentunya kita juga memahami dengan kondisi pandemi COVID-19 saat ini, jika hanya mengharapkan masker yang standar produksi pabrikan pasti akan mengalami kelangkaan karena tim medis membutuhkannya dalam jumlah banyak," ujarnya.

Muda menuturkan, masker buatan koperasi konveksi Kubu Raya ini sudah diuji kelayakan pakainya oleh Dinas Kesehatan, sehingga aman dan nyaman digunakan masyarakat, serta memiliki kelebihan bisa dicuci dan digunakan kembali.

"Makanya hingga saat ini kita masih terus-menerus memproduksi masker kain ini. Dari awal kita sudah mengupayakan agar ada kebiasaan masyarakat menggunakan masker dan kita juga terus membagikan melalui Puskesmas maupun kader-kader kesehatan dan melalui perangkat-perangkat desa dan RT," tuturnya.

Muda menilai dalam keadaan negeri sedang upnormal saat sekarang ini, justru langkah seperti inilah yang sebenarnya dibutuhkan masyarakat, walaupun tidak harus berbentuk fisik tapi bisa dalam bentuk kebijakan dan langkah-langkah nyata yang bisa dilakukan.

Untuk itu, di saat sulit akibat wabah COVID-19 atau virus corona seperti sekarang ini, dirinya berkomitmen untuk tetap memperkuat perekonomian masyarakat, salah satunya dengan memberdayakan koperasi konveksi lokal dan ibu-ibu penjahit lainnya. 

"Sebelumnya saya juga sudah umumkan ke semua ibu-ibu yang pandai jahit untuk bikin masker, yang mana nantinya hasil jahitannya akan dibeli dengan harga wajar dan bukan harga komersil karena gerakan ini juga sebagai bentuk dedikasi dan komitmen ibu-ibu para penjahit untuk ikut terlibat dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-1," jelasnya.

Pria yang pernah mendapatkan julukan "Bukan Bupati Biasa" versi Majalah Tempo itu menyampaikan, sampai saat ini, selain ibu-ibu yang tergabung dalam konveksi, pembuatan masker kain ini juga sudah mulai diproduksi oleh ibu-ibu penjahit mandiri dan tentunya juga bisa menghidupkan perekonomian mereka yang sejak pandemi COVID-19 mengalami kesulitan.

Sementara itu, Ketua Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera Pungky Wahyuningrum mengatakan, selama tiga pekan ini pihaknya telah memproduksi 3.000 masker dan sudah ada yang dibagikan langsung secara gratis ke masyarakat.

"Kedepannya kami berkomitmen akan terus secara bertahap memproduksi masker kain ini dan Insya Allah, untuk tahap selanjutnya konveksi akan memproduksi sebanyak 2.000 masker kain untuk kebutuhan masyarakat kita di saat kondisi pandemi COVID-19," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Pengawas Koperasi Konveksi Kubu Raya Bujang Muis menambahkan, masker kain produksi konveksi kaum perempuan ini, selain dibeli langsung oleh Bupati Kubu Raya, bisa juga dipesan dan dibeli oleh sejumlah lembaga dan perusahaan setempat.

“Alhamdulillah, produksi masker 10 konveksi perempuan dan penjahit mandiri Kubu Raya ini terus bertambah. Sejak tiga pekan terakhir ini sudah terdapat 21.000 masker kain. Ini di luar permintaan dan pesanan dari sejumlah lembaga dan perusahaan," paparnya.

Bujang menyebutkan, adapun 10 Koperasi Konveksi perempuan dan penjahit mandiri yang memproduksi masker kain di antaranya :

1. Koperasi Konveksi Ambangah Sejahtera Desa Sungai Ambangah Kecamatan Sungai Raya

2. Koperasi Konveksi Hasta Karya Jaya Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya.

3. Koperasi Konveksi Cempaka Mandiri Sejehtera Desa Parit Baru Kecamatan Sungai Raya

4. Koperasi Konveksi Tunas Karya Khatulistiwa Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya

5. Koperasi Konveksi Asam Lanting Jaya Desa Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya

6. Koperasi Konveksi Srikandi Muda Mandiri Desa Mega Timur Kecamatan Sungai Ambawang.

7. Koperasi Konveksi Ambawang Berdaya Mandiri Desa Ambawang Kuala Kecamatan Sungai Ambawang.

8. Koperasi Konveksi Perempuan Jaya Bersama Desa Punggur Kecil Kecamatan Sungai Kakap

9. Koperasi Konveksi Karya Anak Bangsa Kita Desa Sungai Kakap Kecamatan Sungai Kakap

10. Koperasi Konveksi Rasau Jaya Mandiri Desa Rasau Jaya Satu Kecamatan Rasau Jaya.

Adapun penjahit mandiri yang turut andil memproduksi masker kain untuk Pemerintah Daerah yaitu Penjahit Dewi Ade Anjani yang berlokasi di Desa Arang Limbung Kecamatan Sungai Raya.