Juarsah Buka Rapat Forum Perangkat Daerah Muara Enim

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah membuka rapat forum perangkat daerah Kabupaten Muara Enim tahun 2020 terkait penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) 2021 di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim, Senin (2/3).

Pada kesempatan tersebut, Plt Bupati Juarsah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya anggota DPRD Muara Enim daerah pemilihan (dapil) masing-masing karena sejak dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan telah berperan aktif memberikan dukungan dan sebagai bentuk untuk mewujudkan Kabupaten Muara Enim yang #MERAKYAT, Kabupaten Muara Enim yang sehat, mandiri, agamis, berdaya saing dan sejahtera.

Juarsah mengatakan, forum ini berguna untuk menyelaraskan usulan dari masyarakat demi rencana pembangunan di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional sebagai proses pembangunan RKPD 2021 dari penyempurnaan awal, sehingga program yang disusun benar-benar sesuai kebutuhan dari masyarakat.

"Usulan yang diperoleh dari Musrebang tingkat desa, kelurahan hingga kecamatan haruslah yang dibahas program-program yang prioritas, aspiratif dan akomodatif. Maka dari itu semua pihak hendaknya apa yang menjadi visi dan misi dari bupati dan wakil bupati yang belum terkomodir kiranya ada space diselesaikan hingga batas akhir tahun 2021 dan menjadi terkomodir.

RKPD tahun 2021 merupakan implementasi guna mewujudkan Kabupaten Muara Enim yang #MERAKYAT dengan program peningkatan kualitas SDM beriman, bertakwa, cerdas, dan mandiri, bantuan untuk anak yatim piatu, penguatan komoditas agrobisnis, peningkatan pendidikan rendah dan pendidikan murah dan terjangkau, peningkatan infrastruktur yang berkualitas dan merata, potensi alam demgan memperhatikan tata ruanh dan lingkungan, tata kelola pemerintah yang kredibel dan peningkatan pelayanan publik.

Kemudian, semua perangkat daerah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim harus bahu membahu mengejar target satu digit angka kemiskinan, pengelolaan BUMDEs dan penggunaan basis data terpadu.

"Mari bersama wujudkan pada tahun 2021 Kabupaten Muara Enim yang unggul dan berdaya saing," ujar Juarsah.

Sementara itu, Kepala Bappeda Muara Enim Ramlan Suryadi mengatakan bahwa rapat forum ini berlangsung 2-6 Maret 2020 yang melibatkan seluruh perangkat daerah Pemkab Muara Enim mulai dari kepala dinas, kepala bagian hingga para camat.

Ramlan mengatakan, tahapan rapat forum ini dimulai dari Musrenbang tingkat desa, kelurahan, kecamatan dan nantinya pada 17 Maret 2020 dilaksanakan Musrenbang tingkat Kabupaten Muara Enim.