Disparekraf Muara Enim Siap Kembangkan Potensi Wisata Danau Dedughuk

Muara Enim - Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan, melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) serius mengembangkan potensi wisata di tiap-tiap desa yang ada di wilayah setempat, salah satunya Danau Dedughuk.

Terkait komitmen pengembangan wisata tersebut, Disparekraf bersama tim yakni Dinas Kominfo, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup dan Bappeda melakukan survei langsung ke salah satu potensi wisata Danau Dedughuk di Rantau Dedap Dusun IV, Desa Segamit, Kecamatan Semende Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim, Minggu (1/3).

"Atas dasar survei ini, nanti di tahun 2021 kita akan memfokuskan untuk dikembangkan, mulai dari akses jalan, home stay, pedestrian, saung, permainan air, serta sarana prasarana penunjang objek wisata Danau Dedughuk ini," kata Kadisparekraf Muara Enim Isdrin.

Menurutnya, potensi wisata Danau Dedughuk ini sangat potensial untuk menarik para wisatawan baik dari dalam ataupun luar untuk berkunjung, karena selain danaunya indah, suasananya pun sangat bersahabat untuk beristirahat.

Terkait hal tersebut, pihaknya akan turut membantu mendorong masyarakat supaya bisa lebih kreatif mengembangkan seluruh potensi agro bisnis di sektor wisata yang ada di wilayah setempat, misalnya dengan membuat kerajinan tangan dan oleh-oleh khas Muara Enim.

"Namun yang penting harus dikelola dengan baik oleh pemerintah ataupun masyarakat karena dari situlah dapat memanjukan perekonomian masyarakat kita minimal disekitaran objek wisata tersebut," pinta Isdrin.

Untuk diketahui, jarak tempuh menuju Danau Dedughuk dari pusat Kota Muara Enim memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun roda 4.