Diskominfo Natuna Gelar Lomba Video Potensi Desa

Natuna - Dalam memaksimalkan pemanfaatan teknologi yang tepat guna, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna memberikan platform kepada generasi muda untuk memanfaatkannya dengan tepat guna melalui Lomba Video Potensi Desa Se-Kabupaten Natuna 2021.

Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Diskominfo Kabupaten Natuna Trisnan Saputra menyampaikan bahwa pihaknya selaku penyelenggara berharap dengan adanya lomba ini, potensi dari setiap desa dapat diketahui banyak orang, terutama wisatawan.

"Harapannya dari lomba video ini bisa mengetahui potensi-potensi di desa yang ada di kabupaten natuna mulai dari potensi pariwisata, perikanan, budaya lokal serta kuliner khas desa tersebut yang bisa menjadi daya tarik wisatawan luar daerah maupun lokal," tutur Trisnan di ruang kerjanya, Kamis, (29/4).

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa dengan pesatnya perkembangan teknologi dan media sosial sangat mudah untuk mempromosikan potensi desa.

“Dengan adanya luasnya jangkauan media sosial, promosi daerah sangat mudah dilakukan. Sebagai contoh ada Geopark Batu Kasah di desa Cemaga Tengah dan Wisata Mangrove di Desa Mekar Jaya yang tenar melalui promosi di media sosial,” ungkapnya.

Selain media promosi, Muhamad Patli Khailani selaku Ketua Panitia juga menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu bentuk partisipasi Diskominfo Natuna dalam hal edukasi pemanfaatan teknologi informasi kepada masyarakat.

"Kegiatan ini adalah salah satu bentuk partisipasi kita sebagai sumber informasi pemerintah daerah untuk selalu memberikan ruang kepada masyarakat daerah agar dapat memaksimalkan pemanfaatan teknologi. Disamping itu, di tengah berkembangnya teknologi pemuda setempat harus mengambil peran. Bagaimana kemudian mereka dapat menggunakan teknologi untuk mempromosikan potensi desa masing masing," jelas Patli.

Patli juga menjelaskan, esensi dari kegiatan ini bukan hanya tentang kualitas resolusi video, akan tetap bagaimana anak muda tempatan memahami dengan baik potensi daerahnya, lalu memvisualisasikan potensi tersebut dalam sebuah karya. Kemudian menggunakan sosial media sebagai platform untuk mempromosikan potensi tersebut.

“Kami berharap lomba ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh peserta untuk mengeksplorasi potensi desanya masing masing dan belajar bagaimana menggunakan internet dengan positif," harapnya.

Lomba Video Potensi Desa se-Kabupaten Natuna dilaksanakan 26 April - 25 Mei 2021. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2021 dengan tidak menggunakan dana APBD melainkan bersumber dari dana sponsorship.