Musrenbang Kelurahan Nantal Mabar Prioritaskan Pengembangan UMKM

Labuan Bajo - Lurah Nantal Kecamatan Kuwus Kabupaten Manggarai Barat NTT, Prioritaskan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM)

"Prioritas yang dibiayai dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan kelurahan tahun 2022 berupa pelatihan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Serta pembangunan sarana prasarana berupa pembangunan lapisan penetrasi (lapen) di Dusun Golowelu," kata Lurah Patris Parus saat menggelar Musrenbang Kelurahan Nantal, Kamis (25/3).

Lurah Patris menambahkan, selain prioritas pengembangan UMKM, usulan pembangunan yang di sampaikan melalui Musrenbang Kecamatan Kuwus tahun 2022 yang telah disepakati yakni, rehabilitasi air minum bersih di Dusun Satarara, pembangunan telford jalan tani, pengadaan lampu penerangan jalan, pengaspalan jalan di lingkungan Golowelu dan Satarara serta pembukaan jalan baru di Golowelu.

Sementara kegiatan yang dilaksanakan melalui swadaya masyarakat pada tahun 2021, antara lain lanjutan penggalian jalan menuju lokasi wisata Sunsa Durang, pembersihan got pada ruas jalan kabupaten dan lingkungan di Golowelu dan Satarara, penggalian jalan baru di Golowelu, serta pembersihan Taman Pemakaman Umum (TPU) Golowelu, kata Lurah Patris.

Sekretaris Camat Kuwus Gabriel Bagung yang hadir dalam kegiatan tersebut meminta kepada peserta musyawarah untuk sama sama melahirkan gagasan yang manfaatnya dirasakan oleh semua masyarakat Kelurahan Nantal.

"Mari kita bangun komunikasi dengan semua stake holder baik yang di kabupaten maupun provinsi, sesuai peran kita agar usulan atau perencanan itu bisa terwujud," kata Gabriel Bagung.

Ia berharap pelaksanaan Muserenbang Kelurahan Nantal harus tetap mengikuti Prokes,baik yang sudah divaksin maupun yang belum,ujarnya.

Sekcam Gabriel juga menyampaikan apresiasi kepada Lurah Nantal dan masyarakatnya yang taat protokol kesehatan, sehingga Kelurahan Nantal tidak terpapar covid 19.

Kegiatan Musrenbang tersebut dihadiri oleh Forkopincam Kecamatan Kuwus, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, dan unsur lainnya