Jagongan Forkopimda, Bupati Pasuruan Jawab Semua Keluhan Masyarakat

Pasuruan - Berkonsep Jagongan tapi tak melupakan pelayanan publik, program unggulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan, Kenduren Mas (Kendaraan Urun Rembug Masyarakat) digelar di Lapangan Desa Martopuro, Dusun Puntir, Kecamatan Purwosari, Selasa (4/2) malam, berlangsung suksesar.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menjawab seluruh pertanyaan masyarakat mulai dari sampah, pupuk, hingga urusan RTLH (rumah tidak layak huni).

Secara gamblang, Bupati Irsyad menjelaskan satu per satu dari pertanyaan yang dilontarkan warganya.

Sebagai contohnya, pertanyaan dari Agus, warga Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari dijawab tegas oleh Bupati Irsyad. Salah satunya yang meminta bantuan bak sampah untuk desanya.

Irsyad menjawab bahwa Pemkab Pasuruan memiliki program P3D (Pemuda Pelopor Pembangunan Desa) dan SDSB (Satu Desa Satu Bank Sampah).

Dikatakan Irsyad, kenduren mas ini merupakan upaya percepatan Pemkab Pasuruan dalam memangkas alur birokrasi yang terlalu bertele-tele.

Dalam praktiknya, tambah Irsyad, masyarakat tak perlu jauh-jauh ke tempat pelayanan di Raci atau kantor secara umumnya, melainkan tinggal datang langsung ke lokasi kenduren mas, dan langsung menyampaikan kepentingannya.

"Mulai dari urusan kependudukan, perizinan, perdagangan, informasi, pendidikan, kesehatan, pertanian, sosial kemasyarakatan sampai urusan tilang kendaraan pun kami hadirkan. Hal ini dilakukan agar lebih mendekatkan kepada masyarakat," jelas Irsyad.