Pemkab Ciamis Targetkan Vaksinasi 2.043 Orang di Tahap Kedua

Ciamis - Pemerintah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan melaksanakan vaksinasi COVID-19 massal tahap kedua di Gedung Islamic Center, Selasa (16/3). Rencananya vaksinasi massal ini ditargetkan diberikan kepada petugas pelayan publik sebanyak 2.043 orang.

"Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Ciamis menyelenggarakan vaksinasi untuk pelayan publik, termasuk di dalamnya ada tenaga kependidikan, tokoh agama dan media," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis Tatang, Senin (15/3).

Vaksinasi massal itu, kata dia, upaya nyata Satuan Tugas Penanganan COVID-19 di Kabupaten Ciamis untuk menyukseskan pelaksanaan vaksin agar secepatnya terbebas dari wabah ini

"Kami Satgas COVID-19 serta TNI, Polri melakukan langkah-langkah proaktif dalam rangka mensukseskan (penanganan) COVID-19 di Ciamis diantaranya dengan vaksinasi," kata Tatang.

Dijelaskannya, akselerasi pelaksanaan vaksinasi dilakukan berdasarkan himbauan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Akselerasi tersebut bertujuan untuk mempercepat herd immunity terbentuk sehingga pandemi COVID-19 segera terkendali.

“Kita mengikuti imbauan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk melakukan akselerasi dalam pemberian vaksinasi kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Yoyo, menjelaskan, vaksinasi ini mempertimbangkan expire date untuk vaksin dan pelayanan publik hanya sampai Juni-Juli 2021.

“Pelaksanaan vaksinasi nanti direncanakan ada 10 tim yang dibantu dari Dokkes Polri, Klinik TNI, RS Permata Bunda, RS Dadi Keluarga dan 5 Puskesmas di Ciamis,” jelasnya.

Kadinkes menambahkan, guna mengurangi kerumunan pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, Dinas Kesehatan Ciamis telah membagi jadwal pelaksanaan vaksinasi. Selain itu juga dibentuk koordinator di setiap instansi pelayanan publik agar memudahkan koordinasi dan meminimalisir kerumunan.

“Kita telah membagikan jadwal dan membentuk koordinator di setiap instansi yang diprioritaskan untuk di vaksin massal besok,” tambahnya.