Wamen LHK Resmikan Pembangunan IPAL di Ponpes Darul Hijrah Martapura

Martapura  Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong berkunjung ke Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Rabu (10/3).

Kedatangannya untuk meresmikan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dan Ekoriparian di Pondok Pesantren Darul Hijrah Cindai Alus, Desa Cindai Alus, Kecamatan Martapura, Kota Martapura.

Alue Dohong mengatakan, peresmian ini merupakan realisasi dari janji Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar dalam upaya menyempurnakan IPAL domestik, biodigester dan sarana MCK yang dinilai masih belum memadai untuk seluruh santri.

Menurutnya, upaya penyediaan IPAL domestik seperti ini perlu ditingkatkan di masa yang akan datang.

"Dan diharapkan dapat direplikasi di tempat lain, seperti di sekolah-sekolah dan pemukiman padat penduduk," ujarnya.

"Mari kita jaga dan pelihara pembangunan ekoriparian ini sebagai upaya penataan kawasan di sempadan sungai dan dapat  dikembangkan sebagai wisata alam sederhana dan sarana pendidikan belajar di alam terbuka. Semoga bisa dimanfaatkan oleh para santri dan warga sekitar,” tambahnya.

Peresmian IPAL dan Ekoriparian, ditandai penandatanganan prasasti dan penanaman bibit pohon ulin oleh Wamen LHK Alue Dohong.

Sementara itu. Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi mengucapkan terima kasih kepada Kementerian LHK yang telah membantu penyempurnaan pembangunan IPAL dan Ekoriparian di ponpes darul hijrah.

"Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar mengapresiasi atas pengembangan IPAL yang telah diresmikan hari ini," katanya.

Lebih lanjut Wakil Bupati Banjar ini berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan dimaksimalkan dalam mendukung aksi kerja nyata bersama terkait upaya perbaikan kualitas air.

"Tentunya, semua sarana prasarana yang dibangun ini semakin memperkuat posisi Ponpes Darul Hijrah Putera sebagai Pondok Pesantren berwawasan lingkungan," katanya.

Dalam kegiatan peresmian itu, turut hadir Pj Gubernur Kalsel Syafrizal ZA, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK M R Karliansyah, Pimpinan Ponpes Darul Hijrah KH Zarkasyi Hasbi serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjar.