Pemkab Banjar Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana 2021

Martapura  Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar M. Hilman mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2021 secara virtual di Command Center Barokah, Martapura, Rabu (10/3) sore.

Rakor yang digelar sekaligus merayakan Hari Jadi BNPB ke-13 dengan mengusung tema ”Tangguh Hadapi Bencana”.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, rakornas kali ini memang berbeda dibandingkan tahun lalu, karena masih pandemi COVID-19.

“Sebagaimana yang kita saksikan sekarang undangan sangat terbatas dan yang hadir pun diwajibkan mengikuti ketentuan yang ada,” ungkapnya.

Di kesempatan tersebut, Doni Monardo juga mengingatkan tentang pesan Presiden Joko Widodo yaitu pentingnya mitigasi dan pencegahan.

“Presiden juga meminta kita untuk menyiapkan diri dengan membuat langkah antisipasi yang berencana dengan baik, dan yang tak kalah penting kebijakan nasional dan daerah harus sensitif terhadap kerawanan bencana,” ujarnya.

Doni menambahkan, melalui mitigasi dan pencegahan serta kebijakan tata ruang yang sensitif terhadap kebencanaan kita jadikan bangsa ini menjadi bangsa yang tangguh menghadapi bencana.

Turut hadir secara tatap muka Menko PMK RI Muhadjir Effendi, mantan Kepala BNPB Periode 2008-2015 Syamsul Maarif dan diikuti seluruh kepala BPBD kabupaten/kota se-Indonesia.