Wabup Tanah Datar Sampaikan Misi di Musrenbang Nagari

Batusangkar - Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian menyampaikan enam poin penting misi yang akan dilaksanakan dalam masa kepemimpinannya bersama Bupati Eka Putra yang kemudian juga akan didukung dengan pelaksanaan 10 program unggulan.

"Untuk pencapaian visi itu, kita mempunyai misi yang saat ini sudah dalam masa pembahasan yakni, pertama, meningkatkan Kehidupan Beragama, Beradat dan Berbudaya. Kedua, meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM. Ketiga, meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Keempat, pembangunan pariwisata berkelanjutan yang berbasis adat, budaya dan sumber daya alam. Kelima, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel, efektif dan efisien, serta yang terakhir meningkatkan pembangunan inftrastruktur dan lingkungan hidup yang berkelanjutan," ungkapnya.

Terkait pelaksanaan Musrembang Nagari, Wabup Richi mengharapkan seluruh pemangku kepentingan yang ada di tingkat kabupaten, kecamatan ataupun nagari untuk memberikan saran dan masukan untuk menyusun serta menentukan skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan.

"Pelaksanaan Musrenbang tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, dimana Musrenbang Nagari untuk perencanaan tahun 2022 tidak dilaksanakan sesuai permendagri, namun tentunya dalam menentukan program yang menjadi skala prioritas hendaknya selalu mengedepankan prinsip efesien, efektif dan akuntabel yang bertujuannya untuk kesejahteraan masyarakat kita Tanah Datar," ujarnya.

Wabup Richi Aprian menambahkan, di tengah laju pertumbuhan ekonomi 2020 yang anjlok hingga minus 1,13%, tidak hanya Tanah Datar, namun juga Sumbar dan nasional, defisit APBD yang besar, Dana Alokasi Umum dipotong sampai refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19, ia bersama Bupati tetap semangat dan fokus mencapai visi dan misi pembangunan ke depannya.

"Alhamdulilah, kami dipercaya memimpin Tanah Datar dalam masa pandemi COVID-19 dengan keterbatasannya, Insya Allah, bersama masyarakat dan dukungan instansi terkait dalam era kepimpinan baru kita capai Tanah Datar lebih baik, namun tentunya akan kita lakukan secara bertahap," ujar Richi Aprian.