Pemkab Banjar Gelar Rakor Penanganan Sungai Kertak Hayar

Martapura – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar rapat koordinasi terkait penanganan sungai di Kecamatan Kertak Hanyar, di ruang kerja Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kantor Bupati Banjar Martapura, Jumat (5/3).

Rapat ini dipimpin oleh Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah, diikuti oleh Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, perwakilan Satpol PP, perwakilan SKPD terkait, Kabag Hukum, Camat Kertak Hanyar Harun Ar Rasyid dan Lurah Kertak Hanyar.

Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ikhwansyah mengatakan, rapat normalisasi penanganan sungai di Kecamatan Kertak Hanyar ini sudah ada saran dan masukan dari beberapa SKPD dan akan segera untuk di tindak lanjuti.

”Tahap awal Kita sosialisasi dulu terhadap warga yang ada disana yang membuat bangunan di pinggir sungai, apabila yang bersangkutan masih menolak dengan sosialisasi sehingga nantinya akan dilakukan tindakan sesuai dengan aturan yang berlaku," jelasnya.

Ikhwansyah berharap kepada masyarakat untuk bisa menerima dan mendukung kegiatan, agar permasalahan banjir yang terjadi di Kecamatan Kertak Hanyar dapat ditangani dengan baik.

Sementara itu, Camat Kertak Hanyar Harun Ar Rasyid mengatakan, Pemkab Banjar sesuai arahan Bupati merencanakan membersihkan aliran sungai khususnya di daerah Kertak Hanyar I sekitar 200 meter. Pihaknya sendiri akan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar yang menggunakan sungai untuk usaha dan jembatan tanpa izin, sebelum dilakukan pengerukan dan pembongkaran.

”Ini perlu kita sikapi bersama dengan instansi terkait, baik dari Satpol PP dan dinas yang lain supaya pelaksanaan ini berjalan dengan lancar walaupun sebenarnya kita mengharapkan bisa secara keseluruhan, dan ini sebagai tahap awal di sebelah kanan Jalan A. Yani,” ucap Harun.

Ia berharap, akan kesadaran masyarakat, sehingga kegiatan pembersihan sepanjang jalan sampai batas Kecamatan Kertak Hanyar kiri kanan jalan, bisa berjalan seperti yang direncanakan.