BKPSDM Ciamis Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama

Ciamis - BKPSDM Ciamis menggelar seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ciamis tahun 2021  di Aula BKPSDM Ciamis, Rabu, (3/3).

Sekda Ciamis Tatang mengatakan, mengingat adanya tujuh kekosongan jabatan pimpinan tinggi pratama dikarenakan pensiun dan mutasi dalam jabatan pimpinan tinggi pratama lain, Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama tersebut sesuai dengan ketentuan melalui seleksi terbuka.

Dikatakannya, dalam konteks manajemen kepegawaian, para ahli hampir bersepakat bahwa unsur sumber daya manusia menjadi kunci utama dalam penentuan keberhasilan kinerja organisasi secara keseluruhan.

“Hanya dengan SDM aparatur yang berkualifikasi paripurna, tugas pelayanan masyarakat dan pembangunan yang dijalankan akan berjalan secara lebih akseleratif, efektif, efisien, serta sesuai harapan masyarakat,” terang Tatang.

Sementara, Kepala BKPSDM Yeyet Trisnayati Trisno, dalam laporannya mengatakan, tujuan uji kompetensi seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama bertujuan untuk menjaring calon pimpinan jabatan pimpiman tinggi pratama yang memiliki integritas, kompetensi dan berkinerja yang baik.

Adapun tujuh formasi jabatan pimpinan tinggi pratama yang kosong akibat pensiun, promosi, pembentukan organisasi perangkat daerah baru dan penataan jabatan pimpinan tinggi pratama melalui rotasi/mutasi antar pejabat pimpinan tinggi pratama, antara lain yaitu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Perhubungan, Staf Ahli Bidang Administrasi dan Sumber Daya Manusia, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dikatakannya, uji kompetensi ini meliputi dua tahapan, pertama dengan metode wawancara, penulisan dan pengujian makalah, analisis rekam jejak oleh panitia seleksi. Sementara metode kedua, yaitu dengan wawancara kompetensi, kuisioner kompetensi dan metode role playing yang dilaksanakan oleh asessor dari Universitas Padjajaran.

“Kegiatan tes uji kompetensi ini akan dilaksanakan selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis,” pungkasnya.