Pemkab Ciamis Apresiasi Kehadiran LAZISMU

Ciamis - Lembaga Amil Zakat Infaq Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) Kabupaten Ciamis, menggelar Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) Lazismu di Auditorium STIKes Muhammadiyah Ciamis, Sabtu (27/2).

Pelaksanaan Rakerda Lazismu Ciamis kali ini berkolaborasi dengan mahasiswa D3 Farmasi STIKes Muhammadiyah Ciamis, mengusung tema " embangun Umat Dengan Kearifan Lokal” yang dihadiri 70 orang dari berbagai Organisas dan Lembaga Muhammadiyah.

Asisten Daerah 2 Kabupaten Ciamis Bapak Toto Marwoto, dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi hadirnya Lazismu di Kabupaten Ciamis yang memberi peran dan kontribusi yang luar biasa di masyarakat.

"Baru berjalan 1 tahun sudah dapat melakukan pergerakan yang sangat luar biasa dengan diisi oleh anak-anak muda," terangnya.

Sementara itu, Ketua Lazismu Ciamis, Ridwan Rahman mengatakan, Lazismu Ciamis berupaya mengetuk dan mengajak kepada semua masyarakat agar dapat membantu dalam upaya memerdekakan umat yang terpinggirkan oleh kemiskinan, kebodohan dan gangguan kesehatan.

"Kami berharap dapat mengetuk dan mengajak kepada semua masyarakat untuk menjadi bagian sejarah yang akan dicatat oleh malaikat raqib, bahwa kita semua akan selalu hadir dan terus berjuang dalam memerdekakan umat yang terpinggirkan oleh kemiskinan, kebodohan dan gangguan kesehatan," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa hal tersebut tidak dapat terjadi jika kita tidak berjamaah dalam melakukan kebaikan.

"Pahlawan-pahlawan dahulu pun tidak dapat mengusir para penjajah jika tidak bergerak secara berjamaah untuk mengusir penjajah," paparnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa dengan spirit surat Al-Ma’un sesuai dengan pesan KH Ahmad Dahlan bahwa dalam mengerjakan amal sholeh tidak boleh diiringi dengan sifat riya.

Di dalam acara juga dilakukan pentasyarufan Beasiswa Mentari dan Beasiswa Sang Surya secara simbolis, serta penyerahan penghargaan-penghargaan Pengelolaan Kantor Layanan Terbaik, Filantropis Cilik, UMKM Terproduktif dan Kolaborasi Penghimpunan Majelis Ta’lim.

Acara ini turut dihadiri oleh Asisten Daerah 2 Kabupaten Ciamis Toto Marwoto, Sekretaris Lazismu Pusat Mahli Zainuddin, Ketua Lazismu Jawa Barat Zaini Abdul Malik, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Ciamis Lif Taufiq El Haque, perwakilan dari Baznas Kabupaten Ciamis, Kikin Mutaqien, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan Laporan tahunan Lazismu Ciamis Tahun 2020 dan Rencana Kerja Lazismu Ciamis Tahun 2021 hingga selesai.