Pemkab Ciamis Perpanjang PPKM Mikro hingga 8 Maret 2021

Ciamis - Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra melakukan pertemuan virtual dengan seluruh Satgas tingkat kecamatan dan desa yang ada di Kabupaten Ciamis dalam rangka menindaklanjuti Instruksi Bupati Ciamis tentang Perpanjangan PPKM Berbasis Mikro, di Aula Setda, Kamis (25/2).

Perpanjangan PPKM Mikro sesuai Instruksi Mendagri Nomor 4 Tahun 2021 diperpanjang sampai 8 Maret 2021.

“PPKM Mikro yang harus berakhir pada 22 Februari diperpanjang hingga 8 Maret 2021. Tentu perpanjangan ini dimaksud agar kita bisa menekan dan memutus penyebaran COVID-19,” ujar wabup Ciamis.

"Pada intinya, isi instruksi ini hampir sama dengan PPKM Mikro sebelumnya hanya masa berlakunya yang diperpanjang,” terangnya lagi.

Lebih lanjut wakil bupati Ciamis menginstruksikan kepada seluruh satgas untuk dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya khususnya terkait kesadaran kolektif masyarakat.

“Membangun budaya di masyarakat sehingga muncul kesadaran kolektif akan pentingnya mematuhi Prokes untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Tidak mudah memang karena ini merupakan kebiasaan baru,” lanjutnya.

Dih adapan para Satgas, Yana menerangkan peta penyebaran COVID-19 di perkantoran yang kian meningkat. Untuk mengatasi penyebaran perkantoran maka nantinya akan dikeluarkan Instruksi Bupati tentang larangan bepergian keluar kota bagi ASN baik perjalanan dinas dan perjalanan lainnya, ujar wakil Bupati.

"Saya mengimbau, baik kepada para ASN maupun non-ASN agar tidak melakukan aktivitas perjalanan keluar daerah," tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Ciamis AKBP Hendria Lesmana meminta agar dilakukan penyamaan data terkait COVID-19 serta prokes di lingkungan perkantoran.

"Kita yg masih satu lingkungan kerja lupa untuk di cek prokes nya dan tamu yg datang pun kadang terlupakan untuk dicek prokesnya. Itu salah satu timbulnya klaster di perkantoran," tegas kapolres.

Kapolres juga meminta agar tempat isolasi di tiap kecamatan dan desa agar lebih manusiawi supaya kenyamanan para penderita terjamin dan cepat sembuh.

"Mereka yang terpapar adalah manusia, jadi kita harus memanusiakan manusia, mulai dari tempat dan fasilitas lainnya, dan bagaimana jika mereka stres kemudian keluyuran kemana-mana, itu yang perlu menjadi perhatian kita,” pungkasnya.