40 Pelaku IKM Ciamis Ikuti Sosialisasi Penguatan Daya Saing

Ciamis - Dinas KUKMP Kabupaten Ciamis melakukan sosialisasi tentang penguatan daya saing kepada 40 orang pengusaha Industri Kecil dan Menengah (IKM) di Ciamis, bertempat di Gedung Dekopinda. Kamis, (25/2).

Kegiatan lanjutan ini bertemakan koordinasi, sinkronisasi, dan pelaksanaan pemberdayaan industri dan peran serta masyarakat (sosialisasi penguatan daya saing IKM).

Kabid Industri, DKUKMP Kabupaten Ciamis Enok Kursilah mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) dalam hal manajemen usaha yang baik.

“Selain itu juga untuk memperluas jaringan pemasaran produk daerah guna meningkatkan perdagangan antar daerah,” tambahnya.

Selain itu, tambahnya, agar mendorong peningkatan mutu produk daerah sesuai dengan permintaan pasar dan meningkatkan daya saing produk daerah dalam menghadapi pasar global, paparnya.

Lanjut Enok, pada era globalisasi ini, setiap pelaku usaha harus mampu menciptakan inovasi dan kreativitas dalam usahanya, sehingga akan tetap eksis dan berdaya saing, khususnya dengan para kompetitor produk sejenis.

Ia berpendapat bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi terhadap daya saing industri kecil menengah (IKM) diantaranya yaitu peningkatan sumber daya manusia, akses permodalan, kualitas produk dan pemasaran.

“Maka dari itu perlu dilakukan sosialisasi, fasilitasi dan pembinaan terhadap para perajin dalam upaya meningkatkan daya saing melalui peningkatan kualitas, desain, kemasan, merk, dan juga pemasaran,” terangnya.

Ia berharap hasil dari sosialisasi ini selain meningkatkan daya saing produk juga sekaligus penguatan pasar yang pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.