Wali Kota Banjar: Peringatan Hari Jadi Ke-18 Momentum Bangkit dari Pandemi

Banjar - Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke-18 Kota Banjar di halaman Setda, Sabtu (20/2).

Pemkot Banjar mengambil tema HUT ke-18 yaitu "Semangat Tangguh dan Berseri Banjar Melawan COVID-19".

Wali Kota Ade, dalam sambutannya mengajak kepada semua pihak agar menjadikan Hari Jadi ke-18 sebagai momentum untuk introspeksi atas perjalanan dan pembangunan yang telah dilakukan selama ini. Selain itu, beliau juga mengajak kepada semua pihak agar terus melakukan berbagai upaya pencegahan melawan COVID-19 dan menjadikan momen tersebut untuk bangkit dan bersatu untuk melakukan pemulihan berbagai sektor.

“Yang terpenting Banjar ke depan harus kompak dan bersatu. Kita harus bangkit dari pandemi ini agar masyarakat lebih sejahtera,” katanya.

Ade juga menyampaikan bahwa capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Banjar tahun 2020 masuk dalam kategori tinggi berdasarkan data statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat.

“Capaian IPM Kota Banjar tahun 2020 mencapai 71,70%,” ucapnya.

Ade menjelaskan, pencapaian IPM Kota Banjar tersebut berada di peringkat ke-11 dari 27 jumlah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Ade mengatakan, berbagai capaian dan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras bersama yang diraih oleh Pemkot Banjar pada tahun lalu, harus menjadi motivasi untuk selalu meningkatkan kinerja.

“Dengan begitu ke depan Kota Banjar bisa lebih maju dan berkembang dan bisa sejajar dengan daerah lain yang ada di Jawa Barat,” ujarnya

Lebih lanjut dikatakannya bahwa selain capaian program kerja, juga ada 11 target program prioritas yang menjadi rencana pembangunan Kota Banjar pada tahun 2022 mendatang. Adapun 11 program yang menjadi prioritas tersebut antara lain menjadikan Banjar sebagai tujuan investasi, menuju Kota Layak Ibu dan Anak, Kota Layak Pemuda dan Lansia, mewujudkan Banjar sebagai agrowisata, pusat komersil, kebudayaan seni dan olahraga, mewujudkan Banjar bebas sampah, infrastruktur yang lebih memadai, pemerintahan yang bersih, serta menciptakan generasi Banjar yang cerdas dan berkarakter.

“Untuk mewujudkan program tersebut, semua pihak harus saling bergandengan tangan, harus kompak agar Kota Banjar lebih maju dan masyarakatnya lebih sejahtera,” tandasnya.

Ade juga mengharap kondusivitas Kota Banjar tetap terjaga dan bersinergi yang selalu menjalin kerjasama serta menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan dengan baik.