Bupati Ciamis Resmikan Pembangunan Taman Baca Komunitas Gada Membaca

Ciamis - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melakukan peletakan bata pertama pembangunan Taman Baca Gajah Dawuan (Gada) Membaca di Jl Raya Ciamis-Cirebon Desa Winduraja, Kecamatan kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (18/2).

Pembangunan Taman Baca tersebut merupakan inisiasi dari Komunitas Gada membaca yang didirikan oleh pegiat literasi Agus Munawwar.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis pada prinsipnya mendukung pembangunan Taman Baca ini karena sesuai misi Kabupaten Ciamis dalam meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia),” kata bupati Ciamis.

Bupati Herdiat juga mengapresiasi Komunitas Gada Membaca dan masyarakat yang telah ikut serta membantu proses pembangunan taman baca tersebut.

Selain itu, Bupati Herdiat turut memberikan bantuan tunai untuk pembangunan tersebut kepada panitia kegiatan.

“Pembangunan sumber daya manusia menjadi hal yang penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Kedepannya kita akan membantu pembangunan taman baca Gada membaca melalui anggaran APBD,” imbuhnya.

Sementara itu, penggagas komunitas Gada Membaca Agus Munawar menjelaskan, tujuan dibangunnya taman baca sebagai ruang berkegiatan dan belajar masyarakat melalui berbagai bahan bacaan. Selain itu mempermudah akses teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Berbagai kegiatan bisa dilakukan di taman baca, masyarakat pun dengan mudah mendapatkan informasi dan pastinya juga berdampak terhadap pemberian solusi permasalahan masyarakat. Selain itu juga menimbulkan kesejahteraan di masyarakat,” ujarnya.

Penerima penghargaan Nugra Jasadarma Pustaloka dari Perpustakaan RI ini pun menjelaskan, Komunitas Gada Membaca berdiri pada 18 Februari 2015. Lahirnya Gada Membaca terlahir dari serangkaian kegiatan yang dirasakan manfaatnya secara langsung dan melibatkan masyarakat setempat.

“Kita mengharapkan dengan adanya Taman Baca ini bisa mendorong tumbuhnya komunitas baru yang didasari atas dasar kerelawanan. Kami juga mengharapkan dukungan dari stakeholder terkait untuk mendukung Komunitas Gada Membaca,” tambah Agus.

Agus menjelaskan, makna nama komunitasnya, Gada itu gabungan nama tempat, Gajah dan Dawuan. Di lokasi tempat dibangunnya taman baca ada batu besar dan di bawah itu ada Dawuan Cimuntur.