Dirjen Dukcapil Kemendagri Kunker ke Kota Tasikmalaya

Tasikmalaya - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Tasikmalaya, Selasa (16/2).

Kunjungan dilaksanakan dalam rangka silaturahmi dan memastikan pelayanan kependudukan berjalan lancar.

Zudan mengatakan, Indonesia sedang bergerak menuju program Single Identity Number, diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2019 yang mengatur tentang percepatan layanan induk dan statistik hayati, salah satunya adalah memerintahkan semua pelayanan publik harus berbasis NIK, seperti bantuan Kemensos dan layanan perbankan yang menggunakan NIK.

"Saya berharap di Kota Tasik nanti semua pelayanan publik nya berbasis dengan NIK." ujarnya

Ia menyampaikan bahwa pelayanan di Kota Tasikmalaya sudah berjalan sesuai dengan standar nasional, dengan adanya program baru yaitu Inovasi MASPUR ( Masa Purnabakti) layanan untuk PNS yang akan pensiun, kemudian ada juga inovasi layanan berbasis komunitas dan itu merupakan inovasi yang bagus untuk menjembatani agar pelayanan sampai ke masyarakat.

Sementara itu,  Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya Imih Misbahul Munir menyambut baik kunjungan Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam rangka monitoring evaluasi kinerja.

"Alhamdulillah, beliau puas dengan pelayanan Disdukcapil Kota Tasikmalaya, terutama dengan berbagai inovasi pelayanan yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh dokumen kependudukan," ujarnya