Peringati HPN 2021, Bupati Ciamis: Pers Akselerator Perubahan

Ciamis - Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Kabupaten Ciamis digelar secara virtual dari Oproom Setda Kabupaten Ciamis, Selasa, (9/2).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, didampingi Sekretaris Daerah Tatang, unsur Forkopimda, ketua PWI Ciamis dan para perwakilan wartawan.

Di awal sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional. Ia memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan pers di Kabupaten Ciamis.

Bertemakan "Bangkit dari pandemi, Jakarta gerbang pemulihan ekonomi, pers sebagai akselerator perubahan,” bupati Ciamis mengatakan, hal tersebut dimaksud karena sinergitas hubungan antara pers dengan pemerintah merupakan salah satu kepentingan bangsa dan negara.

Dijelasknnya, salah satu tugas pers yaitu menyampaikan informasi kepada masyarakat, untuk itu kita harus memperkuat hubungan antar keduanya.

“Kritik dari insan pers adalah fungsi kontrol bagi pemerintah, karena pers juga mempunyai kewajiban atau pengemban tugas mensejahterakan masyarakat dan membantu pembangunan daerah,” terang bupati Herdiat.

Bupati menambahkan, insan pers merupakan pilar keempat setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif. Ada banyak organisasi wartawan di Indonesia termasuk di Ciamis, namun hanya ada beberapa yang di akui dewan pers, PWI, IJTI, AJI dan yang lainnya.

“Meski demikian, siapapun yang berprofesi sebagai wartawan di lingkup Pemda Kabupaten Ciamis harus saling menjaga sinergitas antara satu dengan yang lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Ciamis Subagja Hamara mengatakan, PWI Ciamis akan terus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak dan mendukung apa yang menjadi program Pemda Ciamis melalui informasi yang disampaikan, ujarnya.

“Dengan komunikasi dan kemitraan bersama Pemda yang sudah terjalin sangat luar biasa, kami ingin lebih meningkatkan kerjasama yang sudah terbangun baik dengan berbagai pihak,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa PWI Ciamis akan menggelar anugerah pada masyarakat yang berdedikasi yang telah banyak berjasa di masyarakat. Acara pemberian apresiasi kepada orang yang telah banyak berjasa bagi masyarakat lainya, dimaksudkan sehingga dapat memberikan inspirasi bagi yang lain, ujarnya.

"Mohon dukungan acara anugrah yang akan dilaksanakan dapat memberikan manfaat dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat," imbuhnya.

Diakhir sambutannya, Bupati berharap insan pers dapat terus menyumbangkan gagasan dan informasi yang cepat, tepat dan akurat serta dengan menegakkan nilai-nilai dasar demokrasi dan hak asasi manusia dan yang paling penting adalah tidak mengandung hoax, ujarnya.

“Semoga kita bisa menjalin kerjasama, saling menghormati satu sama lain agar tercipta iklim yang kondusif di Kabupaten Ciamis,” pungkasnya.