YKI Ciamis Berikan Santunan Peringati Hari Kanker Sedunia

Ciamis - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Ciamis memberikan santunan kepada para penderita kanker dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia yang dipusatkan di Warung Benteng, Dukuh - Kecamatan Panjalu, Kamis (4/2).

Dikatakan Ketua YKI Cabang Ciamis Kania Ernawati Herdiat menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan wujud nyata peran YKI dalam menjalankan fungsinya.

"Alhamdulillah, kami baik atas nama pribadi maupun YKI sangat senang bisa berjumpa langsung dengan para penderita kanker, serta kami disini dapat membantu memberikan moril dan semangat agar mereka bisa semakin semangat melanjutkan kehidupannya, dan berobat dengan baik adalah cara yang paling baik," ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, selain dilaksanakan doa bersama juga dilakukan pemberian uang santunan dan bingkisan bagi para penderita Kanker.

"Ya, terdapat sebanyak 10 orang penderita kanker dan terdapat juga 50 anak yatim piatu. Alhamdulillah, untuk beberapa bantuan tersebut selain dari YKI, para aghnia juga terdapat dari pihak perusahaan-perusahaan," katanya.

Dikatakan lebih lanjut, sebetulnya bukan maksud memperingati hari kanker ini sebagai perayaan, akan tetapi lebih kearah kita sebagai manusia yang harus peduli terhadap sesama terlebih bagi yang sangat membutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua YKI Cabang Ciamis juga berpesan bagi siapapun yang yang telah menderita kanker ataupun yang sekiranya baru merasakan gejala-gejala hendaknya segeralah berkonsultasi untuk berobat.

"Pak, Bu, Adik-adik, kita harus peduli terhadap kesehatan kita sendiri, jika kita sigap maka dengan deteksi dini pengobatan pun selain akan lebih cepat penyakitnya juga tidak akan semakin parah atau menjalar, dan akan cepat terobati," tuturnya.

Di penghujung sambutannya, Kania Ernawati Herdiat berharap para penderita kanker khususnya yang ada di Kabupaten Ciamis dapat sembuh dan berkurang, tandasnya.

Hadir pada acara tersebut, pengurus YKI Cabang Ciamis, Direktur RSUD Ciamis, Camat Panjalu, Polsek Panjalu, Owner Warung Benteng, Rossy Nurhayati (Peggiat Literasi), serta tamu undangan lainnya.