Gubernur Sumsel Buka Festival Buah dan Pertanian 2020

Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru membuka Festival Buah dan Pertanian III Sumatera Selatan tahun 2020 yang digelar di halaman Griya Agung, Palembang, Sabtu (11/1) pagi.

Turut hadir mendampingi Herman Deru, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Selatan Febrita Lustia Herman Deru, Pangdam II/SWJ Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto, Plt Bupati Muara Enim Juarsah beserta Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Nurhilyah Juarsah, Ketua DPD HAIPB Sumsel Abdul Nadjib dan tamu undangan lainnya.

Saat menyampaikan sambutannya, Herman mengatakan, Sumsel merupakan daerah yang luar biasa karena tidak ada tanaman yang tidak tumbuh jika ditanam.

" Yang kurang hanya promosi padahal produktivitas tanpa marketing yang jelas tentu hasilnya tidak akan maksimal," ujar Herman Deru.

Makanya, tegas Herman, agar sektor pertanian menjadi maksimal, para pejabat baik di provinsi maupun kabupaten/kota, didorong untuk mem-promote mereka (petani), kita bantu.

Sementara itu, Raimar Yousnaidi selaku ketua pelaksana kegiatan mengatakan, Festival Buah dan Pertanian III Sumatera Selatan terselenggara berkat kerjasama Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HAIPB) Sumatera Selatan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan beberapa sponsor seperti Bank Sumsel Babel sebagai sponsor utama, PT Sinar Mas, PT Bukit Asam dan PT Sampoerna Agro Tbk.

Festival yang ketiga ini memiliki tema "Hilirisasi Produk Pertanian untuk Kesejahteraan Petani Sumatera Selatan" diikuti 108 stand dari seluruh Sumsel termasuk Kabupaten Muara Enim dan juga ada dari luar Sumsel. tambahnya.

"Kemarin saya diskusi dengan Ibu Gubernur Sumsel bahwa kedepan kita akan buka 1 stand khusus tanaman langka Sumatera Selatan," pungkasnya.