Baguna Kalsel Turunkan Tiga Armada Sisir Ponpes Terdampak Banjir

Martapura – Banjir di Kabupaten Banjar tidak hanya merendam pemukiman warga saja tapi juga pondok pesantren dan asrama-asrama santri.

Adapun pondok pesantren yang terdampak, diantaranya Pondok Pesantren Darussalam Martapura, Pondok Pesantren Arsyadi di Desa Dalam Pagar, Pondok Pesantren Darul Falah, Pondok Pesantren Takhasus Dinniyah di Jalan Handil Galam, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dan lainnya.

Banjir parah yang melanda ini juga membuat peralatan ibadah hingga tempat tidur santri habis tergenang.

Kondisi ini menarik rasa simpati berbagai pihak mulai dari pemerintahan, masyarakat hingga relawan Banua Kalimantan Selatan.

Lihat kondisi ini, Baguna Kalsel kembali bergerak turun distribusikan bantuan dari hasil urunan gotong-royong seluruh anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan untuk warga.

Dengan menurunkan tiga unit armada mobil dan kelotok menyisir beberapa titik lokasi yang masih tergenang banjir.

"Kondisi pondok pesantren ini cukup memprihatinkan, tiga tempat yang kami (Baguna) kunjungi masih terdampak banjir," Kata Kepala Baguna Kalsel, Rizal Nagara, Senin (1/2).

Dalam aksi sosial ini, Baguna Kalsel tidak hanya membawa serta mendistribusikan bantuan berupa sembako dan obat-obatan saja. Namun, juga turut membawa dan menyerahkan perlengkapan ibadah serta perlengkapan tidur.

Tidak hanya membagikan bantuan ke beberapa Pondok Pesantren saja, dalam perjalanan pulang Rizal beserta Relawan Baguna Kalsel juga mampir ke Posko Pengungsian di Kecamatan Bumi Makmur untuk kembali menyerahkan bantuan.

Yang mana, warganya masih merasa takut untuk kembali ke rumah dikarenakan debit air yang masih pasang surut.

Rizal berharap, musibah banjir ini cepat surut dan kondisi ekonomi masyarakat lekas pulih lagi.  (Kominfo Kab.Banjar/Bulkis/Syadi)