Pemkab Aceh Tengah Terima Hibah Kuda Jantan Asal Selandia Baru

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menerima seekor kuda pejantan yang merupakan hibah dari salah satu peternakan ternama di Indonesia, Minggu (31/1).

Bantuan hibah seekor kuda pejantan asal Selandia Baru tersebut diserahkan oleh Kolonel Inf. Sumirating Baskoro, Komandan Korem 011 Lilawangsa mewakili Ir. Iman Hartono (Owner Eclipse Stud & Stable, Solo, Jawa Tengah) dan diterima langsung Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar.

Selanjutnya kuda pejantan jenis Thoroughbred (THB) asal New Zealand akan diserahkan kepada Ketua Pordasi Aceh Tengah yang juga pemilik peternakan kuda Bukit Stable, Irmi Bukit, untuk dikelola dan dikembang-biakan, guna memenuhi pengadaan kuda jenis unggul bagi keperluan olah raga berkuda di kabupaten ini, agar dapat bersaing di kancah nasional.

Danrem Lilawangsa, Sumirating Baskoro menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan wujud perhatian Iman Hartono terhadap pengembangan kuda pacu di tanah air terutama di Kabupaten Aceh Tengah yang diketahui telah menjadi even hiburan rakyat sejak zaman Belanda.

Melalui Baskoro, pemilik Eclip Studs and Stable, Solo ini mengemukakan dengan adanya kuda pejantan ini diharapkan akan mampu menghasilkan bibit baru untuk memperbaiki kualitas kuda pacu di kabupaten ini melalui proses persilangan dengan kuda-kuda yang ada.

“Diserahkan kepada pemerintah daerah, kuta pejantan tersebut dapat dimanfaatkan untuk disilangkan dengan kuda lokal dan perawatannya akan diserahkan kepada pengurus Pordasi Aceh Tengah," terangnya.

Sementara itu Bupati Shabela Abubakar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada pengusaha asal Solo yang juga merupakan Bendahara Pengurus Pusat Pordasi itu, yang dengan adanya pejantan ini akan merubah postur dan kualitas kuda-kuda pacu di daerah ini.

“Atas nama masyarakat kabupaten Aceh Tengah, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Hartono melalui Bapak Danrem kepada kami atas kepedulian beliau terhadap perkembangan kuda pacu di daerah kami” ungkapnya.