Perkenalkan Potensi Buah-Buahan, Muara Enim Siap Ikuti Festival Buah Sumsel 2020

Muara Enim - Dalam rangka keikutsertaan pada Festival Buah dan Pertanian Unggulan III Sumatera Selatan Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan (TPHP) menggelar rapat persiapan yang bertempat di ruang rapat Pangripta Sriwijaya Bappeda, (6/1).

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Hasanudin dan dihadiri para kepala Perangkat Daerah, perwakilan TP-PKK, pimpinan Bank Sumsel Babel,  pimpinan Bank BPR Gerbang Serasan dan Rumah UMKM.

Plt Kadin TPHP Ulil Amri menjelaskan bahwa Festival Buah yang bertema "Hilirisasi Produk Pertanian untuk Kesejahteraan Petani Sumatera Selatan" serta mendukung Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan Nasional ini diselenggarakan oleh Dewan Pengurus Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HA IPB) akan berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 10-12 Januari 2020 terpusat di halaman Griya Agung Gubernur Sumatera Selatan.

Dalam Festival ini, kata Ulil, akan ditampilkan buah durian, sawo dan nanas ataupun strawbery beserta dengan olahannya.'

"Nanti disana akan dilaksanakan berbagai macam perlombaan diantaranya lomba stand terbaik, lomba buah unggul nasional dan lomba desain kemasan buah," tambah ulil.

Sementara itu, dalam arahannya, Sekda Hasanudin meminta kepada seluruh pihak terkait dalam keikutsertaan ini untuk berkoordinasi dengan Dinas TPHP dan sesegera mungkin mempersiapkan segala sesuatunya baik itu bahan materi pameran, dekorasi stand dan yang paling penting persiapan untuk ikut dalam berbagai perlombaan di festival nanti.

''Festival Buah ini merupakan peluang terbaik untuk memperkenalkan potensi dari berbagai komoditas buah-buahan kita, dengan harapan bisa memberikan daya tarik kepada para pengunjung, minimal main ke Muara Enim dan mungkin akan berinvestasi di Muara Enim.'' pungkas sekda.