Plt Bupati Muara Enim Pimpin Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke-74

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah menjadi inspektur upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama (Kemenag) RI di halaman Madrasah Aliyah Negeri 1 Muara Enim), Jumat (3/1).

Nampak hadir mendampingi Plt Bupati Juarsah, Forkopimda Kabupaten Muara Enim, M Dainawi (KH Gerentam Bumi) dan seluruh jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.

"Kementerian Agama lahir di tengah kancah revolusi fisik bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari penjajah," ujar Juarsah saat membacakan sambutan Menteri Agama RI Facrul Razi.

Lanjut Juarsah, bangsa Indonesia bisa berdiri kokoh seperti saat ini tidak lepas dari pengorbanan dan perjuangan para generasi pendahulu yang membentuk Kementerian Agama pertama kali pada 3 Januari 1946.

"Negara dan agama saling membutuhkan serta saling mengkokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Dalam keputusan suatu negara, tidak boleh bertentangan dengan kaidah agama serta penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan, tidak boleh dipisahkan, apalagi dipertentangkan untuk melahirkan modernisasi beragama dan bernegara," ujarnya.

Untuk itu tambah Juarsah, sejalan dengan tema "Ummat Rukun Indonesia Maju", dirinya mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk selalu memperkuat kerukunan beragama di Tanah Air.

Seusai upacara HAB ke-74, Plt Bupati Juarsah memberikan Satya Lencana Karya Satya kepada puluhan pegawai Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim yang telah berjasa dalam kemajuan Kemenag setempat dan juga menyerahkan bantuan sembako ke Pondok Pesantren Darussa'ada Muara Enim.