Gerbang Ornamen Kaligrafi Tahap I akan Dibangun di Simpang Empat Sekumpul Martapura

Martapura - Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Riang (PUPR) serta Pemkab Banjar merencanakan pembangunan gerbang dengan ornamen kaligrafi di kawasan Simpang Empat Sekumpul Martapura.

Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Masruri mengatakan beberapa desain dari gerbang Sekumpul di tahap I nantinya akan dibangun  empat gerbang dari beberapa sisi di Simpang Empat Sekumpul Martapura.

"Gerbang 1 pada titik lampu merah Sekumpul, Gerbang 2 berada di depan Mesjid Syiarussolihin dengan Ornamen diatasnya kaligrafi Asmaul Husna, dengan lebar 7 meter dengan sisi kiri dan kanan 3 meter, kemudian Gerbang 3 letak setelah jalan melintasi jembatan irigasi, dengan memberikan ruang yang luas bagi pejalan kaki," katanya Rabu (13/1).

Masruri menambahkan filosofi yang ada pada setiap gerbang, diantaranya pada Gerbang 1 ada bentuk Ornamen buah Nenas yang mengartikan tamu adalah yang harus dihormati dan sebagai tuan rumah wajib menjamu tamu dengan sebaik dan semanis mungkin, kemudian juga ada Ornamen Kubah menyimbolkan apapun yang dimuka Bumi harus tunduk dan patuh kepada yang Maha Tinggi, kemudian Ornamen Asmaul Husna mengartikan agar kita sebagai ummat selalu mengingatNYA Allah SWT.

Di gerbang yang sama juga terdapat Ornamen tengah bergambar Kubah bermahkota 8 yang bermakna Sekumpul selalu menjadi pusat kedatangan tamu dari berbagai penjuru, dan ada pula Ornamen Bintang melambagkan simbol kejayaan Islam serta Ornamen Daun Kangkung pada gerbang ini menandakan kepandaian beradaptasi dan tahan dalam situasi apapun.

Kemudian pada Gerbang 1 terdapat Ornamen Kaligrafi ucapan selamat datang di Martapura. (Kominfo Kab. Banjar/Effendy/Prs/Syadi)