Bupati Banjar Tinjau Banjir dan Berikan Bantuan Sembako

Martapura  - Bupati Banjar Khalilurrahman melakukan peninjauan sekaligus berikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Martapura dan Kecamatan Martapura Timur, Selasa (12/1) sore. Bantuan yang diberikan berupa sembako, diantaranya beras, mi instan, telur dan lain sebagainya.

Batuan diserahkan Bupati Banjar Khalilurrahman kepada Camat Martapura Ramli. Selanjutnya bupati yang akrab disapa Guru Khalil ini menjenguk warga para pengungsi korban banjir di Aula Kecamatan Martapura Kota.

Sejak beberapa hari terakhir sejumlah kawasan di Kabupaten Banjar digenangi air hingga merendam rumah warga. Evakuasi warga terdampak banjir telah dilakukan pemerintah dibantu aparat Polres Banjar dan Kodim 1006 Martapura.

Bantuan logistik dari pemerintah juga telah disalurkan ke tempat-tempat pengungsian dengan mendirikan dapur umum. “Kepada para petugas untuk tetap semangat dan ikhlas dalam membantu dan melayani warga kita yang kebanjiran,” ujar Bupati.

Usai meninjau dapur umum dan pengungsi banjir di Kecamatan Martapura, bupati lantas mendatangi kawasan Desa Kampung Melayu dan Desa Pekauman di Kecamatan Martapura Timur yang juga terendam banjir.

Khalilurrahman didampingi sejumlah pejabat yakni Sekda Banjar M Hilman, Kadinsos Ahmadi, Kalak BPBD Irwan Kumar dan Kadis DKISP M Aidil Basith juga menyerahkan bantuan logistik bahan makanan yang diterima oleh Plt Camat Martapura Timur, Guslan.

Selain menyerahkan bantuan, bupati juga meninjau rumah warga yang terendam banjir. Kepada masyarakat khususnya yang berada di bantaran sungai, ia meminta untuk senantiasa waspada akan potensi banjir.

“Masyarakat yang terdampak Banjir diimbau untuk  memanfaatkan fasilitas kebencanaan seperti dapur umum dan tempat pengungsian yang telah disediakan,” imbau bupati.

Ia juga mengingatkan agar waspada terhadap aliran listrik, agar tidak ada korban yang tersengat listrik.

Seluruh warga yang  berkendara agar berhati-hati melintas, karena jalanan licin dan sebisa mungkin menghindari jalan yang berpoten sibanjir dan longsor.

“Kami bersama dengan semua stakeholder terkait di jajaran pemerintah Kabupaten Banjar akan berupaya untuk membantu korban Banjir akibat musibah bencana ini dengan menyediakan dapur-dapur umum dan tempat pengungsian yang layak,” ujarnya.

Bupati juga berpesan saling bantu dan saling bahu membahu dalam tanggap darurat pasca bencana banjir.