Harnojoyo Siap Sukseskan Program Indonesia Maju, Lewat RPJMD Palembang

Palembang - Wali Kota Palembang Harnojoyo didampingi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/12).

Usai menghadiri Musrenbang Nasional, Wali Kota Harnojoyo mengatakan, Pemkot Palembang dalam RPJMD fokus delapan skala prioritas.

"Pemkot lima tahun kedepan akan fokus penanganan masalah sampah, banjir, kawasan kumuh, air bersih, kemacetan, perdagangan, pariwisata dan investasi," terang Harnojoyo.

Selain itu, Harnojoyo mengatakan, dalam visi-misi Palembang Emas Darussalam, Pemkot akan mewujudkan pembangunan infrastruktur, masyarakat yang religius melalui budaya integritas didukung pemerintah yang bersih, mewujudkan ekonomi keratif yang inovatif dan berdaya saing, dan mewujudkan pariwisata sungai.

"Visi-misi 2018-2023 akan kita wujudkan dengan gotong royong dan shalat Subuh itu muaranya untuk menjawab isu itu. Termasuk 66 titik genangan kita selesaikan dengan restorasi Sungai Sekanak dan Lambidaro juga pompanisasi Sungai Buah," tuturnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya menegaskan, pemerintah pusat akan segera menyelesikan pembangunan sejumlah infrastruktur. Begitu juga dengan pemerintah daerah segera membuka akses ke pusat-pusat perekonomin masyarakat, di antaranya ke kawasan industri, kawasan industri pertanian, perikanan dan akses ke daerah  pariwisata.

"Jalan tol sudah ada, sambungkan ke kawasan pertanian. Siapa yang menyambung? ada pemprov, pemkab, pemkot. Tugas bapak/ibu semuanya adalah sambungkan. Kalau tidak memiliki kemampuan di APBD, bisa dikonsultasikan kepada Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono)," tegas Jokowi.

Menurut Jokowi, pembangunan infrastruktur penting dilanjutkan karena akan dapat memperkokoh dalam berkompetisi posisi Indonesia dengan negara-negara lainnya.

"Sambungkan airport yang telah dibangun atau sedang dibangun dengan kawasan wisata. Setelah ini selesai, tugas Menteri Pariwisata (Wishnutama) yang melakukan promosi besar-besaran," tandasnya