Dinas PUPR Banjar Dibantu TNI Tangani Banjir di Kawasan Sekumpul

Martapura - Banjir yang menggenangi kawasan Kompleks Sekumpul, Kelurahan Sekumpul, Kecamatan Martapura Kota, menjadi perhatian khusus Dinas PUPR Kabupaten Banjar dan aparat TNI dari Koramil 1006-06/Mtp.

Petugas Dinas PUPR Kabupaten Banjar Marjuki, Sabtu (2/1), mengatakan selama sepekan ini intensitas banjir terus meningkat. adi kawasan sekumpul arah menuju perempatan terus digenangi air.

"Di kawasan ini kita menerima laporan dari warga yang mengeluh bahwa bila hujan deras mengakibatkan banjir maka parit tak lagi berfungsi, laporan tersebut langsung kita tanggapi," ungkapnya.

Marjuki mengatakan, Dinas PUPR menindaklanjuti dengan membersihkan aliran air sepanjang jalan arah menuju kubah Sekumpul yang dibantu oleh jajaran TNI.

"Memang air tak bisa mengalir karena adanya sampah plastik, botol minuman dan juga pasir, saat dilakukan pembersihan disemprot baru dapat mengalir dan juga pasir setinggi lutut dapat diangkat, kami maksimalkan dalam beberapa hari karena hujan terus mengguyur, harus dilakukan pembersihan," lanjutnya.

Sementara itu, Danramil 1006-06/Mtp Kapten Inf Fathul Mubin menyampaikan, pembersihan saluran air dilakukan dengan cara gotong royong untuk mencegah luapan air saat masuk ke parit.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya Dinas PUPR dalam rangka pencegahan timbulnya banjir di musim penghujan yang diakibatkan tersumbatnya saluran air (drainase) dari tumpukan sampah dan pasir.

"Personel Babinsa semua kita kerahkan untuk membantu warga dan Dinas PUPR, sebagai langkah antisipasi meningkatnya intensitas banjir," ucapnya.